Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Wisata Air Sungai Sambong Batang

Sungai Sambong digagas akan dijadikan sebagai jalur wisata air. Saat ini konsep rancangan serta model itu akan diterapkan. "Kami sedang merancang menyiapkan Sungai Sambong ini utk dijadikan destinasi wisata. Konsepnya pelayaran wisata menyusuri sungai." ujar Bupati Yoyok Riyo Sudibyo. Gagasan ini disampaikan saat pertemuan dengan pengusaha galangan kapal yg berlangsung di Hotel Sendang Sari, belum lama ini. Baca Juga Indahnya Pantai Celong Banyuputih Ya memang saat ini sungai Sambong hanya dimanfaatkan untuk alur kapal yang akan melaut maupun setelah bongkar ikan, selanjutnya untuk bersandar.


"Sungai Sambong ini memiliki potensi luar biasa yang belum tergarap. Sekarang ini masih hanya sebatas untuk lalu lintas kapal2 penangkap ikan saja."

Kepala Bidang Sungai Ir. H Totok Subiyanto MM mewakili Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, menuturkan:

"Sepanjang alur sungai Sambong banyak dijadikan lokasi galangan kapal kayu. Ini menarik sehingga wisatawan bisa melihat bagaimana cara pembuatan kapal tradisional."

"Jadi sekaligus bisa perpaduan antara pendidikan dan teknologi. Pengunjung bisa menyaksikan bagaimana keahlian orang Batang membuat kapal tradisional dari kayu."

Beliau menambahkan, untuk mewujudkan gagasan Bupati itu, perlu dukungan dari masyarakat sepanjang alur. Terutama dalam penyelamatan lingkungan saerah aliran sungai (DAS) yaitu dengan penanaman pohon penghijauan di tepi sungai.

Itu untuk menjaga erosi terutama di alur yg tepinya berupa tebing. Sehingga dengan banyaknya pepohonan akan menambah keindahan dan alur sungai. Baca juga Potensi Wisata Batang Curug Siwungkal Bawang

"Apalagi kalau rumah2 juga menghadap ke sungai, itu akan menambah menariknya wisata air. Warga bisa membuka warung makanan dan minuman, untuk rehat pengunjung> Sekaligus menjual souvenir maupun produk rumah tangga seperti ikan asin dan lainnya"

Source : SuaraPantura Photo by Tri Aji Sanjaya Kiriman dari  Agustin Ayunk di Grup Facebook Batang Berkembang

Sampai sekarang belum ada tuh pembangunan Wisata Sungai Sambong Batang waduh ternyata cuma Hoax dong nggak ada tuh yang di bangun untuk Wisata