Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Mitos yang di Masih Percaya Orang Jawa

Mitos di Jawa Bagi kamu-kamu yg ngrasa anak 90'an, pasti punya kenangan2 khusus yg gak bisa ditemuin di tahun 2000'an. Kenapa? Banyak memori-memori 90an yang kalo diinget pada masa sekarang kayanya sulit terulang lagi. Mulai dari pertemanan, gaya hidup, gaya permainan, acara TV, dan masih banyak lagi. Memori indah bersama teman, keluarga, dan sahabat yang gak mungkin bisa di lupain. Nah, postingan kali ini adalah berdasarkan pengalamanku sewaktu kecil. Temanya mitos.


Mitos sebenarnya udah ada dari zaman dahulu kala, tapi di generasi 90an khususnya, ada beberapa mitos yang sempat nge-hits. Langsung aja guys, cek it out
  • Mitos pertama datang dari pensil. Dulu, anak 90an percaya ga percaya ama mitos, kalo pake pensil yang udah pendek sekelingking, nanti ibunya cepat meninggal. Dulu aku sih percaya. Makanya kalo udah pendek, kadang aku pinjem ama temen. Kalo ada duit, ya aku beli baru.
  • Mitos kedua yang ngehits waktu itu adalah mitos kalo minum lewat sedotan yang sama katanya bisa hamil (ini kalo cowo minum satu sedotan ama cewe ya). wkwkwk kalo di inget-inget jadi lucu sendiri. padahal sekarang mah udah bebas-bebas aja.
  • Mitos selanjutnya adalah mitos saat kita lagi kebelet pup. Katanya, kalo kebelet pup, ambil batu lalu taruh di saku celana, niscaya akan hilang kebeletnya. Kalo dipikir-pikir, konyol juga ya. Apa hubungannya batu yang dimasukin ke celana dengan bakal hilangnya kebelet kita. Ya namanya juga mitos.
  • Mitos kalo abis ngelangkahin orang yang lagi tiduran, harus balik dilangkahin lagi, kalo gak kita bakal utang darah. Asli, mitos yang satu ini absurd banget. Dari mana coba kita bisa utang darah cuma gara-gara kita ga sengaja ngelangkahin orang yang lagi tiduran? Ya kembali lagi ke tema. Namanya juga mitos.
  • Mitos Naikki tampah konon katanya kalau naik tampah bisa bisa kita akan berada dipasar
  • Mitos anak kecil dilarang makan kelapa parutan konon akan terjadi krawien padahal pada jaman dahulu kelapa harganya lumayan mahal jadi dilarang makan kelapa parutan selain untuk masakan
  • Mitos kalau malam dilarang makan Mangga muda sebabnya dahulu jarang sekali yang punya WC sendiri kalau malam malam perutnya mules orang tua malas ngantar ke kali atau MCK
  • Mitos kalo ada helikopter lewat, kita teriak minta duit, nanti rezekinya bakal lancar. Kalo ini sering aku lakuin pas pulang bareng jalan ama temen-temen. Bahkan sampe teriak-teriak. Wakakakaka ngakak dah
  • Mitos kalo pesawat-pesawatan kertas (doro-doronan) kita dijampe-jampein “HAKHHHHH” dulu di depan moncong pesawat-pesawatan, nanti terbangnya bakalan bagus. Nah, kayanya yang satu ini semua pernah ngalamin deh. wkwkwk..
  • Mitos dari Kalong Wewe. Kalo maghrib gak boleh keluar rumah nanti diculik sama kalong wewe. Asli, mitos ini ngebuat dari tempatku jadi sepi pas maghrib. Ada banyak versi lainnya dari mitos ini. Cuma intinya sama jangan keluar waktu maghrib. Yang beda cuman penculiknya aja. Ada wewe gombel, jin, dan masih banyak lagi versinya. Wakakakakak. Apalagi yang rumahnya dekat pohon-pohon bambu, jam 5 kayanya udah pada sepi tuh gara2 takut ama mitos ini.
  • Mitos selanjutnya adalah Mitos kalau ada garis putih atau titik di tangan kanan berarti ada yang naksir, kalo di tangan kiri berarti ada yang benci. hehehe hayo ngaku yang pada percaya sama yg ini..
  • Yang terakhir ini yang paling sering ditakutin dan mungkin sudah jadi legenda. Iya, mister gepeng. Siapa yang ga kenal tokoh misterius yang satu ini? Anak 90an pasti tahu siapa dia, walau ga pernah bertatap muka secara langsung. Pada akhirnya sosok mister gepeng hanya hidup di imaginasi generasi 90an.
Demikian sedikit mitos yang diposting oleh Teenkerbell Aime Terence di Grup Facebook Batang Berkembang sebenarnya mash banyak mitos mitos orang Jawa yang sampai sekarang masih percaya seperti Anak kecil dilarang makan Brutu ayam, kalau sesudah kentut wajib siul dan mitos lainnya