Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Pedagang Batang Gratis Tempati Pasar Baru

mBatang.Com Pembangunan Pasar Batang yang menelan anggara Rp 63 milyar diperkirakan sudah selesai pada akhir Desember 2016 tahun ini.Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batang, Isnanto, menuturkan, pembangunan gedung utama selesai tanggal 13 Desember 2016. Meski pembangunan utama selesai esok hari, namun Isnanto mengatakan masih ada pembangunan lanjutan berupa lapak dan kios pedagang."Tanggal 13 Desember 2016 penyerahan dan rencana launching oleh Bupati. Tapi penempatannya nanti kalau sudah selesai dibangun semua lapak dan kiosnya," kata Isnanto, Senin (12/12/2016).


Isnanto mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan kios dan lapak di pasar tersebut rampung pada Agustus 2017."September 2017 sudah bisa ditempati," katanya.Pedagang pasar yang telah terdata mencapai 2.098 pedagang. "Yang sudah didata ini gratis menempati lapak, hanya dikenakan biaya retribusi saja. Ini sudah jadi kebijakan Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo," katanya. Pengelolaan pasar modern ini, menurut Isnanto, akan seperti mall. Mulai dari kebersihan, keamanan hingga keindahan pasar.

"Akan ada satgas keamanan dan cleaning service seperti di mall. Kami juga akan mengubah paradihma pengelola pasar yang dulu hanya mengambil retribusi saja, sekarang harus membina pedagang agar berjualan yang baik sehingga konsumen senang berbelanja di pasar," katanya.

Pembangunan Pasar Modern Batang ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan pasar 10 persen. "Saat ini pendapatan pasar mencapai Rp 498 juta per tahun, kami harap tahun depan bisa bertambah," katanya.

Photo By Tyra Khan Tampak bangunan mewah Pasar Batang Baru



Pasar baru yang dibangun dua lantai ini akan dilengkapi kamera pengawas CCTV, alat pemadam api ringan dan hidran. Selain itu, ada juga eskalator untuk naik turunnya orang dan barang. "Bangunan pasar sudah mencapai 98 persen, model bangunannya modern. Menggunakan konstruksi rangka baja dam beton," ujar konsultan pengawas manajemen kontruksi pembangunan Pasar Batang Demikian ulasan tentang Pedagang Batang Gratis Tempati Pasar Baru yang bersumber dari jateng.tribunnews.com semoga dengan jadinya Pasar Baru Ekonomi di Kabupaten Batang meningkat.