Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Selfie di Curug Jenggala Kalipagu Baturaden

Anak mBatang Hits di Purwokerto kali ini mBatang.Com berwisata ke salah satu Air Terjun yang lagi Hits di Purwokerto. Curug Jenggala dulu sebelum hits namanya Curug Tempuhan Diberi nama tempuhan karena Curug Jenggala merupakan hasil pertemuan beberapa sungai dulu akses menuju Curug masih susah banget kalau sekarang sudah mulus dan lancar.


Curug Jenggala memang tidak terlalu tinggi, namun memiliki aliran air yang cukup deras. Karakteristik dari objek wisata Banyumas satu ini adalah terdapatnya 3 aliran air, dimana air terjun utama berada di tengah dengan aliran paling deras. Curug Jenggala berada di dusun Kalipagu, desa Ketenger, kecamatan Baturaden. Desa Ketenger adalah salah satu Desa Wisata di Baturaden sebab banyaknya destinasi wisata di wilayah ini. Lokasinya Berada di lereng Gunung Slamet, yaitu Gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan dominasi perbukitan, sungai dengan bebatuan besar dan air terjun membuatnya banyak tujuan wisata alam di desa ini.


Lokasi Curug Jenggala Kalipagu Baturaden Banyumas Purwokerto
Curug Jenggala sendiri tidak jauh dari Curug Pengantin, tepatnya berada di bawah jalan menuju Curug Pengantin, jadi jika kamu pernah berkunjung ke Curug Pengantin berarti kamu sudah pernah melewati jalan menuju Curug Jenggala. Secara administratif curug jenggala berada di daerah Dusun kalipagu, di desa Ketenger Kecamatan Baturaden. Lokasi curug jenggala masih berada didalam lahan milik Perhutani KPH Banyumas Timur


Rute Jalan Menuju Curug Jenggala Kalipagu Baturaden
Rutenya dari Purwokerto ke arah kalipagu nantu melewati rute untuk menuju ke kompleks wisata baturaden atau Gerbang Mandala ada pertigaan Ketenger arah Curug Bayan / Curug Gede. Di sebelah Curug Bayan ada jalan ke Utara ikuti saja jalan ini sudah dekat. Jika dari Lokawisata Baturraden bisa juga turun dulu ke Curug Bayan. Sedangkan kalau dari Pancuran Pitu bisa juga dengan jalan kaki sekitar 20 – 30 menitan karena jaraknya hanya sekitar 1km menyusuri jalan setapak.


Curug Jenggala Kalipagu Baturaden Yang Hits
Nah yang paling ngehits dari curug jenggala adalah sebuah deck kayu berbentuk hati yang berada di pas depan air terjun tersebut. Lokasi dek kayu tu sangat cocok untuk spot penggambilan foto atau untuk selfie bersama itts kalau mau selfie harus antri karena sekarang sudah rame bingit.


Wisata Curug Jenggala Kalipagu Baturaden


Foto Curug Jenggala Kalipagu Baturaden



Fasilitas dan HTM Curug Jenggala
Untuk masuk ke Lokasi Curug Jenggala, pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp. 5000 per orang dan membayar parkir sepeda motor Rp. 5000/motor. Sedangkan untuk fasilitas, di Curug Jenggala ini memang belum begitu lengkap karena masih baru.
mBatang.Com sebenarnya mempunyai banyak sekali dokumen Foto Air Terjun Kota tetangga Batang mungkin kedepannya akan di Post Air Terjun yang pernah di singgahi oleh Komunitas Batang Berkembang. Salam hangat untuk teman teman Purwokerto Batang seduluran sak lawasa. *Viana Civa Photo