Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Jalan Tol Batang - Weleri Untuk Jalur Pemudik

Brita Batang hari ini mBatang.Com Pt jasa marga (persero) tbk menjamin  jalan tol fungsional batang-semarang seksi batang hingga weleri layak dilewati pemudik semenjak h-10. Peudik boleh melewati jalur tol baru Batang

Berdasarkan pantauan bisnis.Com, ruas tol batang-semarang yang telah terlapisi beton sepanjang 36,1 kilometer asal total 36,lima kilometer yang fungsional. Sementara sepanjang 400 meter masih berupa struktur tanah.
Ketika melakukan penelusuran dengan kecepatan 40 km/jam, ada poly debu beterbangan hingga menutupi kaca kendaraan beroda empat. Jeda pandang pengemudi pun menjadi terbatas.

Tentang hal ini, direktur utama PT Jasa Marga (persero) tbk desi arryani menyatakan, pihaknya masih memiliki waktu hingga h-10 buat melakukan pembetonan di lantai kerja serta melakukan pembersihan jalan tol  asal debu dan  kerikil.

“masih terdapat titik yg menunggu cor jembatan, nanti h-10 sudah higienis semua. Buat area lean concrete disapu, pada luar itu disiram buat membersihkan debu,” ungkapnya pada sela-sela peninjauan, minggu (11/06).

Buat mengantisipasi terjadinya kenyataan brebes exit di tahun lalu, pihaknya jua menyediakan sejumlah jalan akses darurat di sepanjang jalan tol. Jalan akses itu bisa digunakan buat mengalihkan kendaraan Jika kapasitas jalan tol batang-semarang sudah penuh.

Dia menambahkan, di sepanjang jalan tol batang-semarang nantinya ada empat daerah istirahat pada setiap 10 kilometer. Tempat istirahat tersebut dilengkapi dengan fasilitas mirip toilet, mushala, tim kesehatan, dan  bahkan helipad khusus di posko terpadu.

Akhir pekan lalu, menteri pekerjaan umum  dan  perumahan rakyat (pupr) basuki hadimuljono beserta wartawan meninjau kesiapan ruas tersebut yg terbagi sebagai tiga ruas tol yakni ruas tol pejagan-pemalang mulai asal brebes timur-pemalang sepanjang 37,3 km serta ruas tol pemalang-btg sepanjang 39,2 km.

Peninjauan oleh menteri basuki pula dilakukan hingga malam hari menteri basuki bertujuan buat mencoba kelayakan jalan apabila dilewati pemudik pada malam hari.

"jalan tol fungsional brebes timur - weleri akan dibuka pada h-10 lebaran dan  dapat dilewati 24 jam satu arah ke dari jakarta menuju semarang (mudik) dan  satu arah ke jakarta (arus kembali) mulai h+4," ujarnya.

Kondisi jalan tol sepanjang ruas tadi sudah relatif baik walaupun masih pada termin perkerasan beton tipis (lean concrete).

Menteri basuki menghimbau pemudik buat memacu kendaraannya menggunakan aman di kecepatan homogen-rata 40 km/jam.

"saya telah sampaikan kebutuhan untuk menambah lampu  penerangan jalan di waktu malam serta  reflektor lampu kendaraan beroda empat supaya lebih safety. Selain itu penanda arah keluar/masuk tol. Buat jalanan yg masih berdebu akan segera dibersihkan dan  semua pekerjaan konstruksi akan dilarang di h-10 lebaran," ungkapnya.

Pada ruas ini tengah diselesaikan pembangunan jembatan kali sambung yg sebagai titik kritis yg sekarang pada tahap penyelesaian lantai jembatan. Ditargetkan di selasa (13/6) telah terselesaikan dilakukan pengecoran dengan metode fasttrack menggunakan aditif yang akan menghasilkan beton lebih cepat kering dalam saat tiga hari dibanding umumnya 2 minggu. Ditargetkan bisa dilalui pada h-10 lebaran atau lepas 16 juni 2017 mulai pukul 00.00 wib.

Selain jembatan tadi, keliru satu titik kritis yang sudah diselesaikan yakni jalan layang kandeman pada Kabupaten Batang, jawa tengah yang membelah jalur pantura.

Oke demikian ulasan tentang Jalan Tol Batang - Weleri Untuk Jalur Pemudik semoga bermanfaat buat yang akan Mudi melewati Jalan Tol Batang Semarang semoga selamat sampai di rumah tujuan masing masing.