Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Asal-Usul Desa Terate Juga Kebanyon

Sejarah masuknya Islam di Kabupaten Batang dan sekitarnya, Makam Syekh Maulana Maghribi yang berada di Desa Karangsari dari dulu seakan terbengkalai tidak terurus. Syekh Maulana Maghribi berasal dari Maghrib, Maroko. Ada pula yang menyebut bahwa ia lahir di Samarkand. Raffles menyebutnya berasal dari Arab, dan menetap di Desa Leran. Sedangkan J.P. Moquette menduga Malik Ibrahim berasal dari Kashan, Iran sekarang. Yang diakui banyak orang adalah pengaruhnya yang besar dalam penyebaran agama Islam di Jawa.


Tokoh yang satu ini menyebarkan Islam dengan kedua santrinya yang bernama Mbah Ngalimun dan Mbah Prawoto sedang Syekh Maulana Maghribi yang disitu bernama Syekh Maulana Isro' Al Ra'uf yang berjalan dari Ujung Negoro.


Disitu agama Islam kurang berkembang dengan penuh kesabaran Ia tetap menyebarkan Agama Islam dan selalu meminta keridho'an Allah hingga tempat itu menjadi sebuah petilasan, akhirnya Beliau meneruskan perjalanan menuju ke Selatan melihat daratan yang sering kemasukan air ROB atau bahasa jawa Kebanyon (Klebon Banyu) Desa sekitar itu dinamakan Kebanyon dan ditumbuhi tumbuhan Teratai maka desa itu disebut desa Teratai /Terate /Nerate/Nrate ia juga dikenal dengan Kyai Atas Angin sebutan orang Jawa pada waktu itu menyebut negara jazirah Arab dengan Sebutan Negri Atasangin Ia pun selalu berpindah-pindah dalam penyebaran Agama Islam, hingga tempat yang dimana ia menetap sering dijadikan makam Petilasan.


Begitulah dari sumber penduduk setempat yang harus kita jaga kelestarian tentang perjalanan tokoh penyebar Agama Islam di Kabupaten Batang Jawa Tengah.

9 Makam Syech/Kyai Kabupaten Batang

  1. Syech Rahmatillah dan disekelilingnya (Pusponegoro - konon istilah sang penjaga makam jika ada burung hinggap di atas makam ki pusponegoro jadi burung itu jatuh ke tanah, dan ada ular besar yang menjaganya) - Makam Pasekaran
  2. Syech Surgi Jatikusumo – Pasekaran
  3. Syech Samsudin - Junggrangan kademangan
  4. Kyai Singokerti - Singokerten Kauman
  5. Pangeran Kadilangu – Kadilangu
  6. Kyai Atas Angin – Kasepuhan
  7. Mbah Wali Kebanyon – Kasepuhan
  8. Kyai Kendil Wesi – Sambong
  9. Syech Maulana Maghribi - Ujung Negoro


Demikian lah ulasan Asal-Usul Desa Terate Juga Kebanyon dan Sejarah Islam di Batang yang bersumber dari Leonardo Dekat-priyo Wong Sudro Ing Tlatah Kutho mBatang

Monggo Simak Juga Kisah Sejarah Lainnya