Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Siapakah Pembina Upacara SMAN 01 Subah Hari Ini

Generasi muda sebagai generasi penerus bangsa untuk selalu berbuat,bersikap dan bertindak yang terbaik demikian amanat yang disampaikan Komandan Koramil 01/ Subah Kapten Kav Purbo Suseno pada kesempatan menjadi Inspektur Upacara pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih yang digelar SMAN 01 Subah pada 18/09.


Prosesi Upacara pengibaran bendera tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah SMAN 01 Subah Bpk H. Untung S.Pd, M.Pd Waka sek Bidang Kesiswaan Bpk. Lusiantono S.Pd Wakasek Bidang Humas Bpk. Medi Prihatmana S.Pd.M.Pd Wakasek Bidang sarana dan prasarana Bpk. Supriyono S.Pd, segenap dewan Guru SMAN 01 Subah dan para Staf Tata Usaha serta Siswa Siswi SMAN01 Subah kurang lebih 840 siswa.

Dalam amanatnya Pembina upacara Kapten Kav Purbo Suseno menyampaikan beberapa hal antara lain :

Menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Kepala sekolah dan seluruh pengajar yang  telah memberikan  waktu dan kesempatan sehingga pelaksanaan kegiatan upacara bendera dapat berjalan dengan hikmad, tertib dan lancar.

Lebih lanjut Irup/Pembina upacara Mengharapkan  agar siswa siswi benar benar dapat mengetahui dan memahami tentang wawasan kebangsaan,  memiliki semangat nasionalisme dan  patriotisme. Sebagai bangsa Indonesia para siswa harus mengetahui 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Disampaikan juga makna upacara bendera bagi para siswa agar  selalu  mengingat sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan para pahlawan Bangsa, karena  bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak akan pernah melupakan sejarah dan mengenang jasa para pahlawan Kusuma  Bangsa. Upacara pengibaran bendera tidak hanya ceremonial dan dianggap sebagai rutinitas saja akan tetapi untuk menanamkan sikap disiplin dan rasa cinta kepada tanah air, lebih luas dengan upacara pengibaran bendera  menunjukkan bahwa kita bangsa yang berdaulat dan memiliki kemerdekaan yang diakui oleh dunia internasional.

Ditengah amanatnya para siswa diharapkan dapat meneruskan dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan belajar, rajin, kreatif disiplin dan tekun, untuk  meraih cita cita yang diinginkan dan dapat mewujudkan mimpi dan impian para siswa di waktu yang akan datang.

Sebagai generasi penerus Bangsa, para siswa kelak harus siap   menggantikan dan meneruskan perjuangan  generasi yang sekarang. Untuk itu   hendaknya Siswa siswi SMAN 01 Subah menjadi figur yang  innovatif,  kreatif,sportif dan kompetitif serta komparatif, sehingga dapat membuat Bangsa dan Negara  yang kita cintai bersama ini semakin maju dari waktu ke waktu.

Mulai sekarang  berbuat yg terbaik dan positif demi kemajuan negeri kita tercinta Indonesia, serta
Jgn lupa  selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan beribadah tepat waktu, sesuai dengan agama dan  keyakinan masing masing. Tumbuh kembangkan sikap toleransi dan saling hormat menghormati antar sesama kawan. Berbeda beda tetapi tetap satu juga" Bhineka Tunggal Ika/ unity in diversity".

Tingkatkan semangat Persatuan dan Kesatuan dengan Rukun dan guyub dengan membuat kegiatan kegiatan yang bersifat positif dan konstruktif.  Membuat kelompok belajar, menghindari/mencegah perkelahian antara siswa maupun antar sekolah, menjauhi dan jangan pernah mencoba Narkoba dan obat obat terlarang lainnya termasuk miras, menghindari pergaulan sex bebas.


Era sekarang adalah era android, gunakan tehnologi komunikasi android secara tepat guna dan sasaran. Jangan gunakan android untuk menyebarkan isu fitnah hoax yang tidak benar dan viral viral/ virus vitual lainnya. Manfaatkan android untuk memperluas komunikasi yang positif dan konstruktif, menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan dan wawasan, bahkan bisa utk melihat dunia. "klik on it, and  see the world."

Berupayalah untuk menjadi agent of positive and constructive changes. Secara singkat disinggung juga untuk menjaga lingkungan sekolah dan masyarakat dari bahaya Terorisme dan radikalisme. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya membela Negara.

Sebelum mengakhiri amanatnya, irup/pembina upacara menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini tepatnya tanggal 1 oktober,  kita bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dan pada tanggal 5 Oktober nanti HUT ke 72 Tentara Nasional Indonesia.

Pada bagian akhir amanatnya Irup/Pembina upacara menghimbau agar para siswa mentaati  peraturan peraturan sekolah,  mengikuti arahan petunjuk dari para guru di sekolah dan berbakti kepada kedua orang tua di rumah.

SMAN Satumu, SMAN Satuku, dan SMAN satu kita semua. Mari jaga nama baik dan lingkungan sekolah, serta majukan sekolah bersama sama. Salam Persatuan dan Kesatuan dr Bumi SMAN 1 Subah buat semuanya dari Sabang sampai Merauke.

Selesai upacara Danramil 01/ Subah diberikan kesempatan untuk menyerahkan piala dan piagam Dandim  secara simbolis kepada perwakilan siswa SMAN 1 Subah , Juara 1 Lomba tari perjuangan dan juara 3 lomba Paduan suara. (Pendim 0736).