Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Nostalgia Mainan Anak Kecil Tahun 80-90an

Teman teman yang lahir di tahun 80-90an kini sudah Mmenjadi Bapak-bapak atau Ibu ibu sudah Nikah semua kan yang lahir pada tahun itu kalau belum ayo buruan cari jodoh hehe. Saat kecil pastilah sangat menyenangkan banyak mainan di rumah bermain bersama teman teman. Sayangnya mainan-mainan tersebut sekarang sulit ditemukan entah nggak tau lenyap kemana. Anak-anak dari tahun 2000an sampai sekarang belum tentu mengerti mainan ini. Mainan-mainan jadul ini banyak tergantikan oleh Gadget dan teknologi terkini, yang tak jarang mengurangi interaksi bermain bersama teman teman di saat kecil.

Berikut mBatang.Com mencoba rangkum mainan waktu Kecil yang sangat mengasikkan. Ada beberapa mainan di yang trend di tahun 80-90an mainan zaman dulu yang bakal bikin kangen dan ingin kembali ke masa kecil.  Yuk, kita nostalgia mainan apa saja yang pernah kamu miliki saat masih kecil. Kalau kamu pernah punya mainan jadul ini seharusnya Kamu sudah punya anak.

Tembak Banyu ( Pistol Air )


Pistol Air ini di era tahun 80an sangat laris manis di beli apa lagi saat Lebaran Anak Kecil umur 7tahun sampai 13 tahun kebanyakan memiliki Pistol Air di Batang dulu belinya di toko mainan depan Pegadaian Batang dan di emperan Ruko Alun-alun Batang, di Toko mainan sebenarnya mainan ini masih ada yang jualan tapi anak kecil sekarang kurang menyukai mainan ini padahal sangat asik banget main tembak banyu bersama teman teman.

Tulup ( Bedil bedilan )



Mainan Bedil bedilan Tradisional Bambu kecil yang berlobang tanpa ruas irisan / tongkat bambu sebagai penusuk yang bisa masuk lobang bambu, peluru Tulup bisa menggunakan buah kueni biji cermai juga bunga jambu, terbuat dari bambu kecil. Satu sebagai tempat peluru, satunya lagi sebagai pendorong peluru. Peluru yang sering dipakai adalah bunga jambu air Bunga jambu air dimasukkan ke lobang oleuru. Karena lobang ukurannya lebih sempit dari kelopak bunga kambu, untuk memasukkan perlu dipukul pakai tangkai pendorong peluru. Setelah bisa masuk. barulah didorong akai alat dari bambu yang berfungsi sebagai pendorong. Tekanan udara di dalam lobang peluru itulah yang membuat letupan dan bunga jambu melesat kuat. jika kena tubuh terasa skit tetapi tidak menimbulkan luka, di Batang Kota dulu mencari bahan Tulup bedil bedilan di Kertonegaran rumah tua depan Kantor PDI.

Tembak Kayu Dor



Mainan tembak kayu ini dulu sangat rame biasanya belinya di sekolahan SD, bedil ini membutuhkan Peluru supaya berbunyi Pelurunya bentuknya seperti gambar di atas, cara mainnya sangatlah mudah kayu yang di belakang tarik mundur sampai bisa di sangga terus pelurunya taruh di antara paku payung tersebut.

Plendungan Balon



Balon Plendungan Cara mengunakannya sangatlah mudah taruh isi plembungan secukupnya ke sedotan kemudian tiup sampai balonya besar hati hati jangan sampai ada yang bolong kalo ada yang berlubang di akalin pakai tangan supaya tidak berlubang, setelah besar balonnya biasanya di tutupkan ke wajah.

Bedil Pelepah



Jaman dulu mainan anak-anak tidaklah sebanyak dan secanggih seperti sekarang Senapan dari Pelepah Pisang Permainan ini khas untuk laki-laki, untuk perang-perangan. Selain Bedil Pelapah Pohon pisang banyak banget di gunakan mainan anak anak tahun 80an seperti, Jaran jaranan Konsepnya hampir sama dengan montor-montoran. Kali ini bukan mobil lagi yang digunakan untuk balapan, tapi kuda yang juga kita buat dari batang daun pisang. Sama seperti montor-montoran, pemenang bukan ditentukan dari kuda pacuannya. Namun siapa yang berlari lebih kencang ketika menunggangi kuda pacuan mainanannya. Jantung Gedang untuk pasar pasaran, gedebok gedang di gunakan untuk getekan ( perahu )

Kapal Otok Otok



Kalau mainan ini Kapal Otok Otok di Batang jualnya kalau pas Kliwonan dan Proyonangan Fair pasti banyak yang jualan, Di era tahun 90-an sampai awal 2000-an, mainan tradisional yang bernama kapal otok otok menjadi primadona bagi anak-anak pada saat itu, dengan berputarnya zaman mainan kapal otok otok kalah bersaing denagan mainan import saat ini, sehingga mainan kapal tradisional ini menjadi sulit di temukan pada saat ini.Sebagai kerajinan yang unik dan bernilai tinggi, kapal otok otoksangat susah di temukan, sehingga banyak para kolektor mainan jadul yang memburu mainan tradisional satu ini. sekarang sebenarnya di kliwonan Batang masih ada yang jualan mainan Kapal Otok otok tapi jarang juga ada yang beli,

Wong Wongan



Hayo siapa anak cowok yang suka main bareng cewek ikutan mainan gini, di daerah mbatang namanya kalau nggak salah wong wongan belinya di bakul toet toet dan bakul otok otok itu lho mainan dari kaleng yang di kasih karet kalau di dorong bunyinya otok otok.

Klungsu ( Isi Asem )



Main klungsu sangat mengasikkan seperti main bekel hehe bedaya di Batang main klungsu biasanya saat mendekati Bulan Puasa, cara mainnya sangatlah mudah, hehe saya binggung cara menjelasin cara bermain klungsu pokokmen koyo kae lah. Sekarang tidak ada lagi Generasi sekarang yang main klungsu.

Bersambung duluya Nostalgia Mainan Anak Kecil Tahun 80-90an nanti sambung lagi dengan mainan lainnya masih banyak banget mainan jadul yang bikin kangen, mainan jadul sangat murah dan sangat mengasikkan Seperti, patok lele, mainan karet, mainan patung patungan, main yoyok buat patah, gaburan, rok umpet, rok gambreng, sudamanda,dan masih banyak banget mainan jadul yang hampir punah.