Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Inilah 10 Air Terjun Tercantik di Indonesia Urutan Terakhir Patut di Coba

Siapa saja pastinya menyukai dengan Wisata apalagi Wisata alam yang mana pemandangannya sangat bagus. Air Terjun merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi. Air terjun kebanyakan letaknya di pedesaan dengan kondisi rute jalan yang ekstrim tetapi dengan perjalanan yang melelahkan akan terbayarkan dengan pemandangan Alam Ciptaan Tuhan yang sangat istimewa. Berikut mBatang.Com akan mengulas 10 Air Terjun tercantik di Indonesia Versi mBatang.com

Air Terjun Dua Warna Sibolangit Sumatera Utara

Air terjun Dua Warna merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini terbentuk akibat dari letusan Gunung Sibayak ratusan tahun silam dan sumber air terjun ini pun berasal dari Gunung Sibayak. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru muda yang terdapat pada air yang turun dari atas dan putih keabu-abuan yang terdapat pada air yang tertampung di bawah

Air Terjun Dua Warna Photo Ig @wahyuadtyo

Akses Menuju Air Terjun Dua Warna
Bus antar kota jurusan Kabanjahe dari Medan dapat menjadi pilihan Anda untuk menuju Bumi Perkemahan Sibolangit Kabupaten Karo. Akan lebih nyaman lagi jika Anda menggunakan mobil pribadi atau mobil rental. Setibanya di Bumi Perkemahan, Anda harus bersiap untuk penjelajahan selanjutnya. Meskipun akses untuk masuk ke air terjun ini cukup jelas dan sudah banyak orang yang mengunjunginya, tetap saja Anda harus menyimpan tenaga ekstra mulai dari perjalanan menuju ke Air Terjun Dua Warna hingga perjalanan pulang. Kenapa demikian? Sebab Anda harus melewati hutan lebat terlebih dahulu dengan waktu sekitar 2 hingga 3 jam. Meskipun melewati hutan lebat, Anda tidak perlu khawatir, karena di sepanjang jalan Anda akan dibantu dengan petunjuk-petunjuk arah yang sengaja diperuntukkan bagi para wisatawan demi mempermudah perjalanan Anda. Jiwa petualangan Anda semakin diasah dengan jalur yang menantang, seperti tanjakan, arah menurun, juga sampai melintasi beberapa sungai kecil di dalam hutan. Seru sekali. Seluruh tenaga Anda yang terkuras akan terbayar setibanya di objek wisata Air Terjun Dua Warna. Keindahan dan sejuknya air terjun ini akan memanjakan hasrat wisata Anda.


Harga Tiket Masuk
Anda akan diminta mengeluarkan nominal senilai Rp 25.000,- saat hendak memasuki kawasan air terjun. Lebih tepatnya disebut sebagai biaya retribusi untuk perawatan sekitar lokasi objek wisata. Selain itu, mengingat jalur masuknya yang menyerupai arena petualangan di dalam hutan, Anda dapat meminta jasa pemandu wisata lokal dengan tarif Rp. 100.000,- hingga Rp. 300.000,-. Harga pemandu wisata dapat dipertimbangkan sesuai jumlah rombongan Anda.

Air Terjun Moramo Konawe Selatan Sulawesi Tenggara


Air Terjun Moramo Photo By @fitrigeovani89

Air terjun ini terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Jaraknya sekitar 60 Km dari pusat kota Kendari, ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Air terjun Moramo sendiri merupakan jenis air terjun Cascade atau bertingkat. Airnya jernih dan suasana yang masih alami menjadikan tempat ini merupakan tempat yang tepat bagi anda yang menginginkan suasana yang tenang untuk rileksasi.

Air Terjun Moramo Ig jettymardona

Jika ingin memanjat air terjun ini, anda tidak perlu khawatir akan tergelincir. Karena air terjun Moramo tidak memiliki batu kapur yang licin.

Mitos Air Terjun Moramo
Menurut cerita yang berkembang di dalam masyarakat, tempat tersebut dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan. Beberapa air terjun di wilayah lain di Indonesia mempunyai kontur alam yang bertingkat, sehingga sering disebut air terjun bertingkat, semisal Air Terjun Beringkat di Provinsi Riau. Hampir serupa seperti air terjun bertingkat itu, Air Terjun Moramo memiliki tujuh tingkatan. Namun, Air Terjun Moramo ini memiliki keunikan yang khas daerah batuan kapur, yang merupakan tempat air mengalir dengan bebas. Dengan batuan kapur yang mengelilinginya para wisatawan tidak perlu takut untuk memanjatnya karena dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat.

Photo Air Terjun Moramo By Ig hdeistata

Rute Air Terjun Moramo
Air terjun Moramo berada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Atau sekitar 45 kilometer dari kota Kendari.

Sementara untuk mencapai lokasi tersebut, ada beberapa akses yang bisa menjadi pilihan pengunjung. Misalnya dari kota kendari, anda dapat menggunakan angkutan darat selama dua jam perjalanan menuju Kabupaten Konawe Selatan.

Tapi apabila anda menggunakan jalur udara, dari bandara Wolter Mongunsidi, anda dapat langsung menuju ke Desa Sumber Sari. Kemudian dilanjutkan menyusuri kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa dengan berjalan kaki sejauh dua kilometer.

Air Terjun Benang Kelambu NTB


Photo Air Terjun Benang Kelambu NTB By Ig @zendfanani

Air Terjun Benang Kelambu berada di bagian atas hulu dari Air Terjun Benang Stokel. Air terjun ini keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang dengan enam deret titik air tercurah dari atas bukit mirip dengan kelambu/ tirai. Karena itulah air terjun ini disebut Benang Kelambu.

Di kawasan Air Terjun Benang Kelambu ini terdapat dua kelompok air terjun, keduanya bersumber dari mata air. Kelompok pertama berada di sebelah kiri jika kita turun dari undakan jalan tangga dan terdiri atas dua terjunan air. Sedangkan kelompok kedua, yang menjadi air terjun utama, berada tepat di depan jika kita turun dari undakan jalan tangga. Kelompok kedua ini terdiri atas empat terjunan air.

Photo Air Terjun Benang Kelambu NTB By Ig @travelingdonk

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 1.0000 per orang dengan parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5000. Di pintu masuk ini banyak yang menawarkan jasa pemandu ke Benang Stokel dan Kelambu. Tarif rata-rata pemandu sekitar Rp 25000 sehari.

Fasilitas dan Akomodasi
Sayangnya, obyek wisata ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Ketiadaan rambu petunjuk arah di persimpangan yang mempersulit pengunjung untuk mencapai lokasi. Selain itu, kamar ganti pengunjung pun sudah tidak layak digunakan, bahkan toilet ini banyak tak berpintu dan beratap.

Air Terjun Sipiso-piso Karo Sumatera Utara


Photo Air Terjun Sipiso-piso By Ig@gunsedwin

Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Sumatera. Berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Pengelolaan wisata alam air terjun ini dipegang oleh Pemda Kabupaten Karo. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Dengan adanya air terjun ini, Kabupaten Karo menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

Photo Air Terjun Sipiso-piso By Ig@itaburhan

Rute Air Terjun Sipiso-piso
Jika Anda menggunakan transportasi umum dari Medan, Sumatera Utara. Anda dapat menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe dengan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian, setelah sampai di Kabanjahe, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Danau Toba. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 Km.

Air terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur


Photo Air terjun Madakaripura By Ig@lux_luluxs_toobing

Air terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di lereng Gunung Bromo. Air terjun Madakaripura berada di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 Mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Photo Air terjun Madakaripura By Ig@al_zafran22

Rute MenujuAir terjun Madakaripura
Air terjun Madakaripura bisa dicapai dari Malang atau pun Probolinggo. Dari Probolinggo Anda bisa naik bus besar ke arah Tongas. Anda bisa mengutarakan tujuan Anda kepada kondektur bahwa Anda ingin mengunjungi air terjun tersebut dan Anda akan diberhentikan di pertigaan Tongas. Setelah turun, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan angkot yang sebelumnya harus Anda tawar. Perjalanan dari Tongas ke Air terjun Madakaripura penuh dengan pemandangan bagus dan juga jalan yang tidak cukup nyaman. Tapi semua itu akan terbayar jika penjelajah sudah sampai di pintu gerbang Madakaripura.

Air terjun Nglirip Tuban Jawa Timur


Photo Air terjun Nglirip By Ig @afriza_muhammad

Air terjun nglirip ini berada di pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, kabupaten tuban , Jawa timur.Untuk mencapai air terjun nglirip tuban , para wisatawan yang tidak menggunakan mobil sendiri bisa menggunakan angkot. Terdapat 2 rute untuk menuju ke air terjun nglirip yang pertama adalah Rute Montong. Langsung menggunakan angkot dari terminal Tuban menuju ke Montong, lalu lanjut menuju daerah jojogan. air terjun nglirip berada di antara jalur Montong dan jalur Jojogan.

Photo Air terjun Nglirip By Ig @pramono118

Air Terjun Nglirip atau dikenal dengan nama Grajagan Nglirip oleh masyarakat sekitar memiliki ketinggian kira-kira 30 meter dan lebar 28 meter dengan air yang jernih mengalir begitu derasnya. Dibalik air terjun juga akan ditemui sebuah goa yang cukup besar yang konon sering dipakai semedi untuk mencari ilmu.

Sumber mataair air terjun ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi dan menyatu di sebuah bangunan dam yang berada di atas air terjun.

Tiket dan Parkir
Pada hari biasa tidak dikenai tarif masuk alias gratis. Aksan tetapi pada hari minggu atau libur dikenai tarif Rp 500 per orang. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3000 untuk kendaraan roda empat.

Curug Citambur Cianjur Jawa Barat


Photo Curug Citambur By Ig @joeadimara_
\
Curug Citambur adalah sebuah curug atau air terjun yang ketinggiannya kira-kira 130 meter di Kabupaten Cianjur bagian Selatan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Curug Citambur memiliki tiga tingkatan air terjun dimana tingkat pertama berketinggian 12 meter sedangkan tingkat kedua berketinggian 116 meter dan yang paling tas adalah 2 meter.

Photo Curug Citambur By Ig @indasabil_

Air curug yang berada di ketinggian kurang lebih 1.400 Mdpl ini terkenal sangat dingin dan memiliki debit air yang besar terlebih saat musim penghujan. Kondisi tersebut membuat Curug Citambur selalu diliputi kabut tipis dan suara air jatuhannya yang begitu keras bergemuruh. Curug Citambur yang dibatasai tebing curam dan debit air yang besar akan sangat berbahaya jika berada dibawah guyuran airnya.

Air Terjun Tama'lulua Jeneponto Sulawesi Selatan

Air terjun Tama'lulua berada di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto. Jarak tempuh dari Kota Binamu, ibukota Kabupaten Jeneponto sekira kurang lebih 30 Km. Bertandang kesana bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau mobil, Sesampai di depan lapangan kecamatan rumbia tepatnya samping mesjid silakan belok kiri. Wisata ini lebih dekat dari binamu daripada LHR (Lembah Hijau Rumbia) kabupaten Jeneponto.

Photo Air Terjun Tama’lulua By Ig @arifin_wongso

Rute Air Terjun Tama’lulua
Lokasinya sekitar 25 km dari kota Jeneponto. Dari Kota Makassar kamu akan melalui Kabupaten Gowa-Takalar-Jeneponto. Tiba di Jeneponto kamu harus menuju Kecamatan Rumbia. Untuk tiba di Air Terjun Bossolo ini kamu harus trekking sekitar 1 jam lamanya dari parkiran. Meski jalurnya tidak begitu ekstrim, kamu tetap harus mempersiapkan fisik dan perbekalan. Kamu tidak perlu khawatir, sebab segala lelah atas perjuanganmu trekking selama satu jam akan terbayar ketika kamu tiba di tempat ini. Tidak ada biaya masuk untuk masuk ke Wisata Air Terjun Tama’lulua Bossolo.

Photo Air Terjun Tama’lulua By Ig @wankurniaawan

Hrga Tiket Masuk
Harga tiket masuk Air terjun Tama’ Lulua saya rasa cukup murah sekali anda hanya harus membayar Rp 2000 saja. Di lokasi wisata juga sudah tersedia tempat parkir, atau kalian juga bisa memaparkirkan kendaraan anda di rumah warga sekitar yang dekat dengan lokasi wisata ini. Penjual makanan juga sudah lumanyan banyak jadi kalian tidak perlu khawati lapar saat berada di sana.

Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Jogja

Salah satu tempat wisata Air Terjun di daerah Gunungkidul Yogyakarta adalah Air Terjun Sri Gethuk, yang terletak di Daerah Playen Dingo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Memang cukup jarang di Gunungkidul Jogja ini tempat seperti Air terjun Sri Gethuk, karena Gunungkidul di kenal dengan daerah yang gersang dan tandus akibat gugusan bukit kapur.

Photo Air Terjun Sri Gethuk By Ig @dewaangkot

Air Terjun Sri Gethuk ini sering di kaitkan dengan nama tempat wisata di Amerika yaitu Tempat wisata Grand Canyon Arizona. Air Terjun tersebut memiliki kemiripan dengan destinasi wisata di Amerika tersebut karena tempatnya yang benar – benar alami dan juga belum banyak terjamah oleh masyarakat sekitar.

Perjalanan menuju objek wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan pada pagi hari, terlebih lagi apabila Anda memilih opsi melintasi Sungai Oya. Di pagi hari, arus Sungai Oya masih terbilang tenang sehingga perjalanan dipastikan akan nyaman sembari menikmati hangatnya sapaan mentari pagi.

Photo Air Terjun Sri Gethuk By Ig @andika_mbf

Cerita Air Terjun Sri Gethuk
Menurut Pak Ngabdani Ketua Kelompok Tani yang mengelola wisata tersebut. Asal muasal nama Gethuk sebetulnya bukan makanan tradisional yang berasal dari singkong itu, tapi sebetulnya adalah Kethuk salah satu jenis perangkat gamelan jawa. Namun lidah kita lebih mudah menyebut Gethuk mengingat sebelumnya ada kata Sri, jadi hanyalah untuk memudahkan saja. Menurut beliau, pada jaman kakek-kakek buyutnya. Di seputar air terjun tersebut terdapat kerajaan lelembut yaitu semacam makhluk halus yang tentu tidak kasat mata. Pada hari dan saat saat tertentu konon di kerajaan tersebut sering spel atau latihan menabuh gamelan tersebut. Suara gamelan tersebut sangat nyaring di dengar oleh warga desa Bleberan. Nah suatu ketika ada sedikit keributan karena salah satu alat gamelannya hilang. Gamelan yang hilang itu namanya Kethuk. Maka terkenalah air terjun tersebut bernama Sri Kethuk..atau kemudian juga dan malah lebih dikenal dengan nama Sri Gethuk. Lokasi ini selanjutnya oleh pemerintah desa dikembangkan menjadi lokasi wisata dan dibuka sejak tahun 2007.

Curug Lojahan Batang Jawa Tengah


Photo Air Terjun Lojahan By Ig @ibrahimfarisy

Tinggi dari curug ini sekitar 40 meter dan genangan airnya sedalam 2 meter dan airnya sangat jernih mungkin karna berada di dalam hutan belantara ya. Rute yang dilewatin juga terbilang extreme dan lumayan jauh karna butuh waktu sekitar kurang lebih 1-2 jam jalan kaki dari parkiran kendaraan Tak semua orang bisa mendekati curug besar yang konon menjadi bagian legenda Batang karena menjadi nama lain dari sungai kramat yang menjadi awal sejarah munculnya nama Batang tersebut. Pasalnya, untuk mendekati curug tersebut pengunjung harus bisa meniti tebing dengan ketinggian yang lebih dari cukup menantang, yang dengan hanya menggunakan rotan dan tali tambang yang diikatkan dengan pohon di atasnya serta bantuan tangga darurat racikan tambang dan kayu. Baca 10 Foto Terbaik Curug Lojahan Blado

Photo Air Terjun Lojahan By Ig @tunggul_prakoso

Lojahan merupakan sungai besar yang juga dinekal dengan nama sebuah sungai yang cukup familiar dan melegenda bagi masyarakat Batang karena juga merupakan nama lain dari sungai kramat yang menjadi awal Sejarah munculnya nama Batang. Kali (sungai) Lojahan yang berhulu di wilayah selatan Batang ada 2 bagian yaitu Lojahan Kulon dan Lojahan Wetan yang nantinya kedua aliran tersebut akan dipertemukan di Desa KaliUrang Blado. Dan yang menjadi sumber air terjun ini adalah bagian Lojahan Wetan.

Oke sob capek nggak baca semua artikel Air Terjun terkeren di Indonesia hehe, ehh artikel di atas bersumber dari beberapa blog referensi ya hehe, menurut kalian air terjun paling bagus yang mana sob, bagus semua ya sob ciptaan Tuhan. Oke terimakasih jika bermanfaat jangan lupa bagikan keteman temanya.