Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Pohon Beringin Alun Alun Banjarnegara Tumbang

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017) siang, memakan korban. Sebuah pohon beringin tua yang berada di tengah Alun-alun Banjarnegara tumbang sekitar pukul 12.30 WIB. Pohon beringin itu menimpa sejumlah orang yang tengah berteduh. Akibatnya, satu orang meninggal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arif Rachman, dalam laporannya, mengatakan, satu orang korban meninggal di lokasi, dan tiga lainnya mengalami luka berat.

“Saat ini kami masih melakukan evakuasi, tiga korban mengalami luka parah patah kaki, dan satu orang menginggal, untuk identitasnya masih dilakukan pendataan,” katanya.

Korban selamat terjepit dahan pohon yang sangat rimbun. Petugas menurunkan alat berat karena batang pohon beringin berukuran sangat besar.

Daftar Korban Bencana Banjarnegara




Kronologi Pohon Beringin Alun Alun Banjarnegara Tumbang


Terjadi bencana alam dialun alun Banjarnegara saat dilaksanakanya pertandingan bola voli HUT PGRI. Tiba tiba hujan disertai angin kencang datang dan merobohkan beberapa pohon beringin. Yang paling parah yaitu pohon beringin dibagian tengah yang roboh terdapat 4 korban . kejadian terjadi begitu singkat dan tidak ada tanda-tanda pohon akan tumbang. Saat itu, ia tengah menunggu giliran bertanding voli. Namun, karena gerimis ia dan beberapa temannya berteduh di bawah pohon beringin.




Dalam informasi yang disiarkannya, Sutopo juga melengkapi dengan rekaman video detik-detik mengerikan saat badai menerjang Banjarnegara.

Pada rekaman video yang berdurasi selama 45 detik itu, terlihat warga dilanda kepanikan dan ketakutan saat badai menerjang. Mereka berusaha menyelamatkan diri dengan cara berlari ke dalam bangunan yang ada di sekitar lokasi.

Tak hanya itu, dalam terjangan badai, terdengar teriakan minta tolong dari warga yang terjebak di luar ruangan. Dan sayup-sayup terdengar azan dikumandangkan.

Sejumlah pohon terlihat bertumbangan ke jalanan dan menimpa sejumlah orang yang sedang berlari ke tempat aman.

Berikut lebatnya hujan dan kencangnya angin yang berhasil direkam warga setempat: