Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Sambut Harbolnas, Pelaku Usaha Online Diminta Jaga Kualitas dan Konsumen Lebih Cerdas

Menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2017, Kasi Pembinaan Industri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM), M. Machrus meminta agar para pelaku usaha yang memasarkan produknya secara online  menjalankan bisnisnya dengan tetap menjaga kualitas produk yang dijual dan kepercayaan dari konsumen.


“Sedangkan bagi konsumen dalam memilih sebuah produk harus lebih cerdas dan selektif serta teliti sebelum membeli,” tegas Machrus saat ditemui di ruang kerjanya Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang, Senin (11/12).

Machrus mengatakan para pelaku usaha online memiliki segmen pasar yang cakupannya sangat luas, mampu menerobos ke semua kalangan. Bagi konsumen online di Batang sudah memberi ruang tersendiri untuk produk kerajinan tangan, tas dan garmen.

“Pelaku usaha lebih diuntungkan dengan menggunakan pemasaran online karena lebih cepat, praktis, tidak banyak memakan waktu,” ucapnya.

Menurutnya, sama halnya baagi konsumen mereka pun cenderung lebih memilih pembelian secara online karena lebih efisien, banyak pilihan dan cukup hanya dengan berada di rumah saja sudah bisa membuka beberapa aplikasi untuk memilih produk yang dibutuhkan. Sehingga merreka yang menggunakan pasar online jauh lebih diuntungkan.

“Namun ada pula sebagian konsumen yang tetap setia dengan membeli secara konvensional karena bisa melihat dan memilih produk yang dibutuhkan secara langsung,” imbuhnya.

Ssaran kami lanjutnya, bagi pelaku usaha online selalu mengutamakan kejujuran supaya menjadi pengusaha sukses. Jika menawarkan dan menampilkan gambar sebuah produk yang bagus, pada kenyataannya saat konsumen menerima memang harus bagus. Jangan sampai tidak jujur dan menipu konsumen.

“Konsumen akan berlangganan terus - menerus setelah melihat rekam jejak yang baik dari pengusaha online yang menjaga kepercayaannya,” lanjutnya.

Machrus menambahkan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan pelaku usaha online maupun konvensional, keduanya akan tetap mendapat pasarnya masing – masing asalkan terus  menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

“Selamat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), kepada para pelaku usaha online diharapkan terus menjaga kualitas produk dan kejujuran serta bagi para konsumen online teliti sebelum membeli,” pumgkasnya.

Sementara menurut Akhsanatul Hikmah seorang pelajar SMP menuturkan, lebih percaya terhadap pasar konvensional karena lebih terpercaya, sedangkan pasar online rawan akan penipuan.

“Pernah suatu ketika membeli sebuah produk sepatu secara online, tetapi setelah diterima warnanya tidak sesuai dengan gambarnya, saran saya untuk masyarakat Batang yang ingin membeli produk secara online, harus lebih waspada lagi,” tuturnya. (CHACHA/Mc Batang)