Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Senam Sehat Bagi Penderita Diabet

LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Abirawa FM bekerjasama dengan Perkumpulan Senam Diabetes (PERSADIA) menyelenggarakan Senam Diabetes bagi penderita dan pemerhati Diabetes Militus (DM) untuk tetap hidup sehat.


Pernyataan tersebut disampaikan oleh dr.Bekti Mastiadji, SpPK saat mndampingi anggota PERSADIA dan fans LPPL Abirawa FM melakukan Senam Diabetes bertempat di Pendopo Dinas Perpustakaan Batang, Minggu (10/12).

“Kegiatan Senam Diabetes ini sudah dilakukan di seluruh Indonesia dan salah saatunya seperti yang dilakukan oleh PERSADIA sejak tahun 2003 setiap hari Minggu pagi,” tutur dr. Bekti.


Dr. Bekti menerangkan kegiatan senam ini dapat diikuti oleh seluruh kalangan, baik generasi muda maupun lansia, karena penyakit ini dapat menyerang pada semua usia. Senam ini bukan untuk  menurunkan kadar gula, tetapi untuk menstabilkan kadar gula.

Sementara menurut Ketua PERSADIA Imam Sujono kegiatan lain yang dilakukan selaain senaam bersama, juga disertai dengan seminar kesehatan utamanya tentang penyakit diabetes dan santapan rohani.


“Saya sudah bergabung di PERSADIA dan mengikuti Senam Diabetes sejak tahun 2004 hingga sekarang masih rutin mengikuti senam dan telah mendapatkan manfaat yan banyak dari kegiatan ini,” ucap Imam.

Imam menyarankan supaya para penderita diabetes mengikuti Senam Diabetes dan rutin menjalani pemeriksaan kesehatan agar mengetahui kadar gula setiap saat.

Ditemui seusai melatih senam, Tri Laila Instruktur Senam menyampaikan dukungannya kepada seluruh anggota PERSADIA dan fans LPPL Abirawa FM karena sangat antusias mengikuti Senam Diabetes sampai dengan selesai.

“Setiap hari Minggu pagi saya melatih senam pada PERSADIA dan Dokter Keluarga,khususnya bagi para lansia untuk melakukan kegiatan olahraga karena sangat membantu tubuh kita agar jauh dari penyakit dan menetralkan peredaran darah sehingga badan tetap sehat,” ujar Laila.

Laila menjelaskan sebelum melakukan aktivitass senam kita harus mengukur denyut nadi sesuai dengan standar. Normalnya dalam 1 menit denyut nadi antara 60 – 90, jika lebih dari 100 maka patut berhati – hati.

“Jika denyut nadi mecapai  lebih dari 100 dalam 1 menitnya, mka jangan melakukan olahraga dan aktivitas yang terlalu berat serta dianjurkan untuk  beristirahat,” pungkasnya. (Chacha/Mc Batang)