Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Bupati Batang Tegas Suruh PT Waskita Perbaiki Jalan Rusak di Warungasem

Berita Batang hari ini yang bersumber dari Suara Merdeka Bupati Batang Wihaji dengan tegas meminta agar PT.Waskita segera memperbaiki jalan raya Warungasem yang rusak secara permanen. Kerusakan jalan, menurut Bupati, diakibatkan oleh puluhan truk pengangkut material yang setiap hari melewati jalan tersebut guna melaksanakan pembangunan jalan Tol Pemalang-Batang.


Bupati menyampaikan hal tersebut di depan manajemen PT Waskita yang berkantor di Kelurahan Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan. Bupati mendatangi kantor PT Waskita usai terjadinya peristiwa kecelakaan lalu-lintas yang mengakibatkan Any Kumalasari, pegawai TU Universitas Pekalongan (Unikal) tewas tertabrak mobil Pik-Up di ruas jalan Desa Cepagan, Warungasem, Kamis (22/3).

"Saya minta perbaikan jalan yang dilalui truk pengangkut material jalan tol di Jalan Warungasem yang sudah banyak menimbulkan kecelakaan dan korban jiwa," kata Wihaji.

Bupati mengungkapkan, ia bersama pejabat pemkab terkait datang ke kantor PT Waskita, atas atas desakan dan keresahan warga Warungasem. Mereka merasa dirugikan dengan kerusakan jalan tersebut. Pemkab Batang, kata Bupati, sudah melakukan kesepakatan dengan PT. Waskita agar kerusakan jalan segera diperbaiki setelah kejadian kecelakaan pertama yang menimbulkan korban jiwa pada akhir Desember 2017.

"Kesepakatan kita dengan PT. Waskita ada metode perbaikan (jalan) secara sementara maupun permanen. Namun sekarang saya minta perbaikan secara permanen (setelah dua kali terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa)," tegas Wihaji.

Ia memperingatkan perbaikan jalan dilakukan secepatnya agar masyarakat tidak marah. Karena kalau tidak ada itikad baik dan tidak ada kegiatan perbaikan, masyarakat akan geram. “Dan ini yang tidak saya inginkan. Karena apapun masyarakat sudah mendukung program nasional dengan adanya jalan tol tersebut,” sebut Bupati.

Sementara itu Kepala Teknik PT. Waskita Proyek Jalan Tol Paket Empat Pemalang-Batang, Nasruloh mengatakan, pihaknya sudah mematuhi apa yang menjadi kesepakatan. Namun karena terkendala hujan dan banjir proses perbaikan dihentikan sementara.

“Kita akan secepatnya melaksanakan perbaikan jalan secara permanen dengan satu ruas - satu ruas. Adapun lima lokasi ruas jalan yang akan diperbaiki sesuai dengan kesepakatan, yaitu ruas jalan Desa Pasekaran Kecamatan Batang, ruas jalan Desa Warungasem, ruas jalan Desa Gapuro, ruas jalan Desa Banjiran dan ruas Desa Masin Kecamatan Warungasem,” kata Nasruloh