Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Asal Muasal Serabi Kalibeluk Batang

Sejarah Serabi di Kabupaten Batang Tau Ga Sih..? Asal Muasal Serabi Kalibeluk..? Yo.. Monggo di boco sejarah makanan Khas Asli Batang Serabi Kalibeluk Warungasem. Serabi Kalibeluk yang asli ada dua macam warna yaitu Coklat dan Putih kalau yang coklat pembuatannya dari Gula Jawa sedangkan yang Putih dari Santan, keduanya rasanya enak sesuai selera, di pingira Pasar Warungasem Batang banyak penjual Serabi yang buka di sana.


Dinamakan serabi kalibeluk karena dibuat di Desa Kalibeluk dan nama serabi tersebut sudah lama melegenda.Di luar Desa Kalibeluk,kalau pun ada pembuat kue serabi,bentuk,ukuran maupun rasa dipastikan tidak sama.Sejak dulu warga yang membuat serabi di Desa Kalibeluk hingga sekarang tidak lebih dari 8 keluarga. Kenapa bisa demikian?

“Kami juga tidak tahu.Yang jelas kami para pembuat serabi di desa ini masih keturunan Nyai Randinem,cikal bakal pembuat serabi di Desa Kalibeluk,”kata Yatin Tasripin.

Laki-laki itu menambahkan,menurut cerita,Nyai Randinem mendapat restu dan diberi bekal cara membuat serabi oleh Ki Ageng Cempaluk tokoh sakti yang bertempat tinggal di Kesesi (kini wilayah Kabupaten Pekalongan).Adapun Ki Ageng Cempaluk tersebut adalah ayahanda Tumenggung Bahurekso, Senopati Kerajaan Mataram pada zaman Sultan Agung.Dalam babad Batang,nama Tumenggung Bahurekso sangat dikenal. Bahurekso berhasil membuka hutan belantara Alas Roban yang angker menjadi pemukiman penduduk dan berkembang menjadi Kabupaten Batang.

“Ki Ageng Cempaluk bersabda bahwa dengan keahlian membuat serabi maka Nyai Randinem bersama anak keturunannya kelak,hidupnya akan mendapat berkah dan tidak akan mengalami kesulitan,”tutur Yatin Tasripin yang memperoleh cerita tersebut secara turun temurun.(Kasirin Umar) Pengirim Postingan Asal Muasal Serabi Kalibeluk Batang Di Grup Batang Berkembang Sekawan Sukses Makmur Ssm