Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Minyak Atsiri [NiLam] kaitannya Kabupaten Batang

Apakah Kamu Tau hubunga nnya Minyak Atsiri dengan Kabupaten Batang? Pembahasan yg diajukan oleh Pesector Ingin Mantjoeng di Grup Fb Batang berkembang inilah sedikit penjelasan yang dijawab oleh Agustin Ayunk tentang Hubungan Minyak Atsiri [NiLam] kaitannya Kabupaten Batang


minyak atsiri yaitu minyak daun cengkeh nah produsen minyak atsiri di Kabupaten Batang ini sudah menjadi sektor unggulan di Jawa Tengah. Produksi minyak atsiri (nilam, cengkeh) Kabupaten Batang hampir seluruhnya dipasarkan ke luar negeri. Minyak ini dihasilkan dengan cara ekstraksi daun nilam dan cengkeh. Produk ini digunakan sebagai bahan baku yang penting dalam industri wangi-wangian (perfumery), kosmetik dll.

Kawasan Zona Agro-Industri Minyak Atsiri di Kabupaten Batang ini, sudah mulai terbentuk sejak tahun 1984 sampai sekarang. Luasannya mencakup 7 wilayah Kecamatan, yaitu :
  1. Kecamatan Tersono, 
  2. Kecamatan Bawang, 
  3. Kecamatan Reban, 
  4. Kecamatan Pecalungan, 
  5. Kecamatan Blado, 
  6. Kecamatan Bandar, 
  7. Kecamatan Wonotunggal.
JENIS-JENIS MINYAK ATSIRI

Adapaun Jenis-jenis Minyak Atsiri sangat banyak antara lain berupa :
1. Minyak Daun Cengkeh
2. Minyak Gagang Cengkeh
3. Minyak Nilam
4. Minyak Sereh Wangi
5. Minyak Pala
6. Minyak Cendana
7. Minyak Bunga Mlati
 8. Minyak Kayu Putih
 9. Minyak Akar Wangi
 10. Minyak Jahe
 11. Minyak Gaharu dan lain-lain.

Namun, yang dikembangkan di Kabupaten Batang baru ada 3 jenis :
1. Minyak Daun Cengkeh
2. Minyak Gagang/Tangkai Cengkeh
3. Minyak Nilam

dengan melihat letak geografis kecamatan Batang, sepertinya kurang mendukung jika digunakan untuk perkebunan cengkeh  Secara garis besar topografi Kecamatan Batang diproporsikan kedalam wilayah pantai yang terdapat di sebelah utara dan memiliki garis pantai mulai dari barat berbatasan dengan wilayah kota Pekalongan memanjang ke timur, wilayah dataran Rendah berada dekat sepanjang pantai dan tidak begitu lebar.

Dari kurang lebih 21 Kelurahan di kecamatan Batang, rata2 semuanya masih tergolong sebagai dataran rendah, jadi sepertinya masih kurang cocok pula apabila ditanami cengkeh secara besar2an