Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Gempa Dieng Warga Bawang Blado Mengungsi

Gempa Dieng Warga Bawang Blado Mengungsi - Sebanyak 1.254 orang warga Kecamatan Bawang dan Blado Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (20/4/2013), masih mengungsi di tempat yang aman akibat gempa yang mengguncang Dataran Tinggi Dieng, Jumat malam, berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR).


Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata di Batang, Sabtu, mengatakan bahwa gempa yang mengguncang kawasan pegunungan Dieng Kabupaten Banjarnegara mengakibatkan satu rumah roboh dan sekitar 1.254 warga pada dua kecamatan mengungsi.



“Sebanyak 897 warga Desa Praten, Kecamatan Bawang kini memilih mengungsi di kantor kecamatan sedangkan 357 warga Desa Gerlang Kecamatan Blado bertahan di lapangan karena mereka masih takut terjadi gempa susulan,” katanya.

Menurut dia, untuk membantu para pengungsi, Pemkab Batang telah menyalurkan bantuan logistik, seperti beras, mi, dan kebutuhan pokok lainnya.

“Kami berharap gempa tersebut sudah berhenti sehingga warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing untuk melakukan aktivitas lagi,” katanya.

Bidan Puskesmas Bawang, Daryati, mengatakan bahwa selain pengungsi menempati kantor Kecamatan Bawang, mereka juga diungsikan ke kantor balai Desa Bawang.

“Akibat gempa, seorang warga mengalami patah tulang akibat terjatuh saat berlarian mengungsi. Sejumlah petugas kesehatan Puskesmas Bawang kini disiagakan di kantor Balai Desa Candi Gugur dan Desa Bawang,” katanya.

Ia mengatakan bahwa meski petugas penanggulangan bencana masih melarang warga kembali ke rumah, tetapi sebagian mereka nekat kembali ke rumahnya sekadar ingin melihat kondisi kampung halamannya.

“Hingga Sabtu pagi, getaran gempa masih terasa tetapi warga nekat kembali ke rumah meski kondisinya cukup berbahya karena ancaman gas beracun,” katanya. demikian Postingan tentang Bencana Alam Gempa Dieng Warga Bawang Blado Mengungsi yang saya kutib dari http://www.solopos.com/2013/04/20/update-siaga-dieng-warga-batang-mengungsi-akibat-gempa-398815 semoga teman teman dari Batang peduli kasih membantu Saudara kita di pengungsian Bawang besok Grup BB akan ke lokasi Pengungsian Gempa Dieng di Bawang