Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Curug Gedhe Kali Lojahan Blado

Lojahan adalah nama sebuah Sungai yang Cukup di kenal dan melegenda bagi Masyarakat Batang karena juga merupakan Nama Lain dari Sungai Kramat yang Menjadi awal Sejarah munculnya Nama Batang. kali lojahan yang berhulu di Wilayah Selatan Batang ada 2 bagian yaitu Lojahan Kulondan Lojahan Wetan yang nantinya kedua ALiran tersebut akan dipertemukan di Desa Kaliurang Blado. Dan yang menjadi Sumber Air Terjun ini adalah Bagian Lojahan Wetan. Air Terjun (Curug) merupakan Potensi Alam yang tersembunyi dengan indah di dalam Belantara Alas Kluwung Desa KaliTengah Kecamatan Blado Kabupaten Batang, Dengan Ketinggian Lebih dari 40m yang di bawahnya membentuk genangan Air bening, seperti kolam dengan kedangkalan yang tak menentu. Sebalah Kanan dan Kirinya terhampar Batuan Dinding yang tinggi dan ada yang membentuk sebuah cekungan seperti Goa dan kerap digunakan untuk bersemayam Koloni Codhot/FlayingFox/Kelelawar









Air yang mengalir dibawah Curug begitu dingin seperti Air Es dalam Kulkas, tak jauh dari Dasar Curug terdapat Genangan Air yang Dalam atau yang Orang Jawa Bagian Dracik biasa menyebutnya Kedung, Airnya masih nampak jernih hingga seakan bebatuan didasarnya masih dapat terlihat, namun demikian kealamannya cukup untuk menenggelamkan tubuh seseorang karena lebih dari 2m.

Keberadaan Curug Gedhe Lojahan ini belum banyak diketahui oleh Khalayak Ramai karena letaknya yang Cukup jauh dan medan yang begitu melelahkan track yang sulit melewati Lembah Hutan Dan Tebing yang Curam. Butuh Waktu lebih dari Satu Setengah Jam untuk berjalan kaki Dari Pemukiman Penduduk Desa KaliTengah. Tidak Semua orang yang melihat Keberadaan Curug Tersebut dapat mendekati. Kebanyakan dari mereka hanya menikmati keindahanya dari bawah Hutan dengan jarak pandang yang terbilang dekat, Karena untuk berada dibawah Curug Kita Perlu menuruni Tebing Batu yang Curam dan agak Licin dengan Bantuan Rotan yang terikat erat pada sebuah Batang Pohon. oleh karena itu dan oleh Sebab itu jarang ada Orang yang segan untuk mengulang untuk Kembali mengunjunginya.



Kendati demikian mereka dapat melihat rindangnya tanaman hijau yang menyelimuti Dinding serta Percikan Air yang dibiaskan oleh cahaya hingga membentuk Pelangi.demikian ulasan tentang Curug Gedhe Kali Lojahan Blado di Kabupaten Batang yang ditulis tertera foto gantengnya.