Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Asal Usul Batik Rifaiyah Kalipucang

Batik Rifaiyah asli Batang berasal dari nama Kiai Rifai yang pernah hidup pada zaman penjajahan Belanda di Kabupaten Batang. Keiginanya untuk membebaskan rakyat dari pajak saat itu membuat sang kiai akhirnya mengajak masyarakat untuk bersyair lewat batik


Sejarah Batik Rifaiyah

Batik Rifaiyah adalah batik yang diajarkan oleh Kiai Rifa’i. Makanya dinamakan batik Rifaiyah untuk menghormati sang guru yang mengajarkan agama Islam sambil membatik. Kiai Rifa’i lewat syairnya yang halus, dengan bahasa Jawanya saat itu menyatakana 'Yuk jangan mau bayar pajak ini tanah kita'. Di balik syairnya yang lembut melawan Belanda, semua itu adalah wujud perlawanan Belanda. Saat menyebarkan agama Islam, Kiai Rifa’i mengajarkan cara membatik kepada para murid-muridnya. Sambil membatik, para seniman batik ini mendendangkan syair-syair bernuansa Islam.

Pembuatan Batik Rifaiyah Batang

Batik Rifaiyah berasal dari Desa Kalipucang, Batang, Jawa Tengah. Proses pembuatanya yang dilakukan di dalam dapur dengan membuat bolongan dari atap genteng. Tujuanya agar cahaya dari atas memantul ke bahan sehingga memantulkan warna kain juga kualitasnya.


Syarat Membuat Batik Rifaiyah

Batik Rifaiyah memiliki beberapa pakem atau aturan. Yang utama adalah corak batiknya tidak boleh menggambarkan binatang dan mahluk hidup. Corak ini biasanya disamarkan atau dipadu dengan corak tumbuhan, daun, atau bunga. Cara pemakaiannya juga disarankan dengan dililit tradisional tanpa peniti dan tanpa digunting. 

Ciri Khas Batik Rifaiyah

Salah satu cirinya juga adalah batik ini tergambar pada 2 sisi kainnya. Orang awam biasa menyebutnya “bolak balik”. Hanya boleh 2 warna, biasa disebut bangbiron atau abang artinya merah dan biru. Maksimal 3 warna atau biasa disebut batik 3 negeri.Batiknya tidak jiplak. Langsung pakai tangan. Makanya harus telaten, tak boleh ada yang terlewatkan. Batik Rifaiyah secara turun temurun memiliki 24 pakem corak batik. Sekarang sudah mulai berkembang sampai 30-an corak.

Harga dan Toko Batik Rifaiyah 

Batik Rifaiyah sampai sekarang tidak ada tempat penjualan khusus. Biasanya para pembeli atau pecinta batik datang langsung ke Desa Kali Pucung, Batang, Jawa Tengah. Bisa juga membeli di pameran jika ada Harganya pun beragam. Biasa di kisaran Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta tergantung tingkat kesulitan dan umur kain. Ada yang sudah 10 tahun, yang 50 tahun juga ada.


Update Artikel Asal Usul Batik Rifaiyah Kalipucang masih salah mohon jangan buat referensi dulu belum di edit Terima Kasih