-->

TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2017 Kodim 0736 Batang

Batang - Sebulan sudah kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2017 Kodim 0736/Batang berlangsung, tuntas juga pekerjaan para prajurit dalam usaha membangun desa, Seakan terbayar lunas sudah hutang para prajurit untuk menyelesaikan apa yang selama ini menjadi beban di pundaknya.


Hal tersebut terlihat ketika Dandim 0736/Batang Letkol Inf Fajar Ali Nugraha S.Sos menjadi Irup dan menutup secara resmi TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2017 di lapangan bola Dukuh Plompongan Desa Siwatu Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang pada 26/10.

Upacara penutupan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung tahap III tahun 2017 Kodim 0736/ Batang dengan Tema'' percepatan pembangunan meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat'' merupakan konsekuensi dan implementasi dalam membantu Pemerintah daerah melalui program TMMD.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut
  • Forkopimda Plus Kabupaten Batang, 
  • Muspika Kecamatan Wonotunggal,
  • Ilham Agung Ka Lapas Batang,
  • Kapten CPL Rudianto mewakili Kaminvetcad Batang, 
  • SKPD Batang, Anwar Hidayat (Ketua LVRI Batang), 
  • Kades dan Perangkat desa Wonotunggal, 
  • Perwakilan PEPABRI Batang 
  • Toga, Tomas Desa Siwatu.
Adapun peserta upacara terdiri dari 1 SSK Kodim 0736/Batang, 1 SSR Posmat TNI-AL Batang , 1 SST Polres Batang, 1 SST Dishub Batang ,1 SST Banser Wonotunggal, 1 SST Pemuda Pancasila, 1 SST FKPPI Batang, 2 SST Kades dan perangkat desa se Kecanatan Wonotunggal, 1 SST ibu-ibu PKK Kecamatan Wonotunggal, 2 SST Pelajar SMP dan SLTA , 1 SSK pelajar Pramuka dan 1 SSK Korsik Pemda Batang

Dandim 0736/Batang dalam sambutannya membacakan amanat KASAD yang berisikan tentang adanya hasil survey oleh Litbang Kompas dengan hasil survei yang menunjukkan bawa TNI menempati posisi tertinggi sebagai institusi dengan citra paling baik dengan tingkat kepercayaan publik kepada TNI mencapai 94%.

TNI AD terus berusaha mengambil bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI rakyat sebagai kekuatan pertahanan secara Universal, tugas tentara memang untuk berperang, tetapi pada masa damai tentara akan turun ke lapangan untuk membantu kesulitan rakyat dan membantu program pemerintah karena hal ini sejalan dengan tema yang diangkat yaitu '' percepatan pembangunan meningkatkan kemandirian pangan dan kesejahteraan masyarakat '' tema ini sangat selaras dengan Nawa Cita Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo yang salah satunya adalah membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Program TMMD yang saat ini telah berlangsung ke 100 kali, pada hakekatnya adalah sebagai implementasi upaya untuk menggali dan membangkitkan kembali sistim kekebalan tubuh atau imunitas bangsa.

Dan yang terakhir Pelihara dengan baik hasil pembangunan program TMMD ke -100 baik fisik maupun non fisik, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dalam kurun waktu yang lama.

Sasaran TMMD terdiri dari Fisik berupa sasaran pokok. Telford/makadam jalan sepanjang 719 meter, pembuatan gorong-gorong plat beton 3 unit, pembuatan tebing penahan jalan panjang 24 meter dengan tinggi rata-rata 370 cm dan lebar 30 cm, jembatan plat beton ukuran 5 meter x 3 meter dengan tinggi 2 meter, cor/rambat beton 445,5 meter x 3 meter dengan tebal 15 cm dan sasaran non fisik berupa Penyuluhan jambanisasi/sanitasi, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan KB dan kesehatan, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan tetang kamtibmas dan terorisme, pelayanan perpanjangan SIM, pelayanan perpanjangan pajak kendaraan bermotor dan pelayanan pengecekan darah.

Upacara selesai dilanjutkan pengecekan hasil dan peresmian oleh Dandim, akan tetapi seperti TMMD sebelumnya pengguntingan pita dilakukan oleh sesepuh Desa Siwatu sebagai pertanda bahwa TMMD yang dilaksanakan oleh anggota TNI bergotong royong bersama warga masyarakat sebagai bentuk manunggalnya masyarakat dengan TNI yang lahir dari rakyat dan apa yang dilakukan juga semata mata untuk kepentingan rakyat, tandas Letkol Fajar diiringi dengan doa bersama. (Pendim0736).

Baca Juga

Simak

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments