-->

Kesenian Daerah : Tari Lengger Pagilaran Batang Indonesia

Kesenian Daerah : Tari Lengger Pagilaran Batang Indonesia - Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/suku/bangsa tertentu. Budaya lokal merupakan adat-istiadat, kebudayaan yg sudah berkembang (maju), atau sesuatu yg sudah menjadi kebiasaan yang sukar diubah yang terdapat di suatu daerah tertentu. Kebudayaan setiap suku bangsa yg brada di setiap daerah merupakan budaya lokal. Budaya lokal pd umumnya bersifat tradisional yang masih di pertahankan.


Kabupaten Batang memiliki berbagai macam kesenian tradisional yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, antara lain; Sintren , Lengger, Lomban, Nyadran, dan sebagainya. Seiring perkembangan jaman yang serba modern kesenian yang ada di Batang mulai surut. Hal ini disebabkan karena kurangnya pihak-pihak yang mampu mengemas kesenian yang ada di Kabupaten Batang.


Namun, ternyata kita masih bisa menjumpai budaya khas yang masih dilestarikan dengan baik oleh masyarakat setempat di kabupaten Batang. Ini dia TARI LENGGER. Saya menemukan pertunjukan ini di area perkebunan Pagilaran, biasanya tarian ini diadakan setiap ada acara hari besar, seperti penyambutan tahun baru masehi.


Mitos Tari Lengger Menurut info, Tari Lengger mengisahkan tentang pertemuan Raden Panji Asmarabangun dengan Dewi Candra Kirana: atraksi tarian sangat menarik, ada penari naik kendi dan ada yang disunggi di bahu sambil menari dengan senang dan gembira, tarian ini dilengkapi dengan sesajian dan dibacakan mantra-mantra oleh sesepuh.


Kesenian Daerah : Tari Lengger Pagilaran Batang Indonesia Kesenian tradisional ini menggunakan gamelan sebagai alat musiknya dan diikuti penari wanita (lengger) yang biasa ditampilkan pada acara hajatan / peresmian sebagai penyambutan tamu. Mungkin jika disangkut pautkan, mengapa tarian ini diadakan ketika hari besar, karena saat hari besar semacam pergantian tahun itu, banyak wisatawan yang datang berlibur ke Perkebunan Pagilaran, sehingga warga setempat mengadakan pertunjukan Tari lengger sebagai ajang penyambutan tamu.


Bagaimana teman-teman, apakah sepanjang kalian tinggal di Kabupaten Batang ini, pernah menonton Tari Lengger? atau mungkin pernah mendengarnya saja? Demikianlah ulasan tentangKesenian Daerah : Tari Lengger Pagilaran Batang Indonesia yang dipostingkan oleh Agustin Ayunk di Grup Facebook Batang Berkembang dan dibantu olehTri Ajie Sanjaya Mari kita sebagai generasi muda, sadarkan diri untuk bergerak lebih dalam pemberdayaan budaya asli kita. Negara kita memerlukan lebih banyak pemuda yang peduli pada budaya bangsanya.

Baca Juga

Simak

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments