-->

mBatang 10 Years Challenge

Karena 10 Years Challenge 2009- 2019 sempat Viral jadi mBatang.com membuat judul seperti itu, sebenarnya ulasan kali ini membahas mbatang tempo dulu dan sekarang hehe. Banyak banget berbedaan antara mbatang dulu sama mbatang sekarang. Ingin tahu mBatang dulu sama sekarang yuk simak bareng bareng apa saja yang berubah.

Bioskop Srikandi

Dulu di Jalan Brigjen Katamso Batang tepatnya di kawasan Alun-Alun Batang yang diapit Bakso Sari Rasa Pak Giman dan Kantor Pos Batang ada Bioskop yang sangat terkenal di jamannya namanya Bioskop Srikandii dan sekarang menjadi ruko

Bioskop Mustika

Selain Bioskop Srikandi Batang juga punya bioskop Mustika yang berada di Kidul Rel Jl Re Martadinata dan sekarang di menjadi Cafe Bioskop sedangkan depan Bioskop Mustika ada tempat mainan anak Video Games yang sekarang judah beralih fungsi menjadi Toko Mainan ankak Pelangi

Alun alun Batang

Gimana perbandingan Alun alun Batang dulu sama sekarang, yang jelas dulu alun alun Batang pohon beringinnya masih sangat rimbun dengan akarnya yang panjang untuk mainan gantungan di pohon beringin, pohon beringin alun alun juga tempat Potong Rambut di masa itu. Alun alun Batang juga sebagai tempat belabuhnya Helikopter.

Jalan Pantura Batang Gringsing

Perlu kamu tahu pada tahun 90 an jalun pantura batang gringsing sangat rawan kecelakaan dan sangat terkenal dengan jalur bajing loncat di karenakan jalurnya masih satu tidak seperti sekarang ini sudah ada dua jalur dan yang baru di batang sekarang ada Jalan Tolnya, dulu di jalan raya alas roban juga banyak pengemis di pinggir jalan

Curug Genting

Curug genting pada tahun 80an merupakan Wisata Andalan Wong Batang banyak Wisatawan dari luar kota datang ke curug Genting untuk menikmati air terjun di sana, Curug Genting di tutup karena ada yang meninggal di area curug, dan sekarang Curug Genting di buka lagi untuk umum dengan banyaknya pembangunan Wahana Wisata di sana.

Pasekaran Kebun Tebu

dulu pasekaran rame karena ada SMP n 4 dulu sepanjang jalan raya pasekaran bagian barat dikelilingi hutan tebu sampai SMP 7 dan SMA 2 Batang, masih banyak Binatang liar seperti Babi Hutan yang berkeliaran, dan sekarang berubah dratis menjadi kawasan perumahan Batang.

Lapangan Dracik

Lapangan dracik Kampus dulunya tidak terawat banyak rumput liar nya yang nempel di kaos kaki setiap olahraga waktu sekolah,tanahnya dulu juga tidak rata sekarang sudah terlihat bagus buat tempat olahraga dan pacaran malam wkwkwk.

Jembatan Kecepak

Asal Kamu Tahu dulu jembatan Kecepak nggak semulus seperti sekarang, dulunya jembatannya menggunakan kayu dan tambang Jembatan Gantung namanya kalau lewat situ harus satu satu karena sempitnya jembatan kecepak goyang, cek sendiri aja bekas jembatan yang dulu kayaknya masih ada.

Studio Musik Band

Halmahera dan Minator Musik dulu sangat terkenal dikalangan anak muda batang yang suka main Band, Halmahera Musik berlokasi di Katibayan Proyonanggan Utara dekat makam Ketandan Mas Tardi pemiliknya kalau tidak salah namanaya, sedangkan Minator musik berlokasi di Cempokokuning Batang. Kadang sesekali ngebend di Dinasty Music yang berlokasi di Slamaran Pekalongan, berhubung banyaknya tempat karaoke sekarang anak muda sekarang larinya ke tempat karaoke.

Angkutan Umum

Pernah dengar Kol Guo, yang mengangkut penumpang dari pasar batang sampai ke wonotunggal dulu sangat trend di kalangan anak sekolahan, dulu banyak banget angkutan di Batang seperti Kol A jurusan Warungasem dan Kol B jurusan Batang Pekalongan sekarang semakin berkurang

Masjid Nurul Huda

Tahu Masjid Besar Nurul Huda Batang yang berada di Jl Gajahmada Proyonanggan, sebelum di bangun Masjid tempat tersebut dulunya tempat pemakaman umum dan sekarang menjadi Masjid Besar juga Sekolah Madrasah

Lapangan Kebonrojo

Saksikan Pertandingan Persibat Batang Vs Persiku Kudus di Lapangan Kebonrojo Kauman Congkrak, dulu sebelum mBatang belum memiliki Stadiun M Sarengat, Pertandingan sepakbola Batang di selengarakan di Lapangan Kebonrojo mburi Kantor Telkom dengan Tim kebanggaan Wong mbatang Cakra.

Pasar Senggol Stasiun

Batang juga ada tempat jual beli barang bekas yang sempat tenar juga, pasar senggol namanya bertempat di Stasiun lama Batang, Pasar senggol Batang menjual aneka onderdil belas sepeda maupun motor, pasar senggol juga sebagai tempat kumpulnya blantek ( calo ) kendaraan bekas. Sekarang Pasar Senggol Batang menjadi kios oleh PJKA Batang.

Alex si Kulit Hitam

Nama Alek merupakan julukan Cah mBatang yang kulitnya hitam, di tahun 70an dulu ada pelari Negro di Batang yang namanya alex tinggal di asrama Alun-alun Batang kulitnya hitam jadi kalau anak kecil kulitnya hitam pasti di panggil alek. Kalau sekarang kalau kulitnya hitam masih di panggil Alex nggakya.

Orang Terkenal di mBatang

Mongken ( ken mongken bodone kapan , Siwas, Waleng ( orang gila bule ), Santi Ndobleh ( Penghuni THR Kramat ) sekarang yang masih trend Diono, joni puskesmas Proyonanggan, harso bawanya pecut nyengire mirip benyamin. Ambar Asmara biduan yang sangat kondang di Kabupaten Batang spesialis Acara Kliwonan Show di THR Kramat Batang

Pasar Malam Proyonanggan Fair

Proyonanggan Fair merupakan pasar malam yang sangat di tunggu tunggu warga batang, Proyonanggan Fair berlokasi di sepanjang jalan Dr Cipto, untuk menikmati pasar malam Proyonanggan Fair dikenakan biaya masuk, pintu masuk ada dua di depan Mushola Suhada dan timur pasar batang, Proyonanggan Fair diadakan setiap tahun kalau tidak salah setiap bulan Agustus di adakan selama satu minggu, tontonan Proyonanggan Fair yang menjadi idaman pengunjung adalah Layar tancep, Orkes Ambar Asmara, Jaran mubeng dan klutuk. Selain Proyonanggan Fair juga ada Baurekso Fair di Kauman yang tepatnya di sepanjang jl ayani kauman. Proyonanggan Fair dan Kauman Fair sekarang sudah tidak ada di gantikan dengan Pasar Tiban dan Batang Expo.

Bilyar Arimbi Delta

Di mbatang Kota dulu ada dua tempat bilyar yang sangat terkenal namanya Bilyar Arimbi dan Bilyar Delta, Lokasi Bilyar Arimbi di Utara Jembatan Gendingan masuk kedalam, dulu di jembatan gendingan juga ada pengemis yang terkenal lho pengemis batok namanya, Selain meja bilyar di Arimbi juga ada Video Games yang rame juga lho. Bilyar Delta berlokasi di Pedalangan Proyonanggan Utara letaknya di sebelah Gang juga Es Cao Jally. Bilyar Delta sempat di gantikan dengan tempat Fitnes dan sekarang sudah tidak di gunakan lagi.

Masih ada yang mau menambahkan mBatang 10 Years Challenge, kalau ada silahkan berbagi kenangan neng mbatang di kolom komentar nanti admin akan Update lagi, rimpe? Ngomong opo hulooo.

Baca Juga

Simak

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments