Perjuangan Petugas Puskesmas Reban Batang, Tempuh 4 Jam Menuju Dukuh Sigandul

Berita Batang hari ini yang di lansir dari tribunews Dukuh Sigandul Desa Mojotengah Kecamatan Reban Kabupaten Batang terletak di ujung perbatasan Batang dan Banjarnegara. Berada di wilayah pegunungan dan cukup jauh dari Desa Mojotengah, menjadikan sekitar 50 kepala keluarga di Dukuh Sigandul, terisolir. Tidak hanya dari segi ekonomi, dukuh tersebut juga tidak memiliki sarana palayanan kesehatan.

Akibatnya, warga setempat mayoritas selama ini berobat ke Kabupaten Banjarnegara. Jika harus menuju Puskesmas Reban mereka harus melalui jalur yang cukup sulit. Sebenarnya, beberapa tahun lalu warga Sigandul sudah direlokasi ke Dukuh Gerlang Desa Pranten Kecamatan Batang. Hal ini dikarenakan wilayah dukuh itu terletak di zona rawan bencana. Namun lambat laun warga kembali ke Dukuh Sigandul dikarenakan mata pencaharian dan tanah di sana lebih subur daripada di Dukuh Gerlang.

Kepala Puskesmas Reban dr Setyo Umboro mengatakan, selama ini petugas kesehatan berusaha untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga. "Petugas kami jemput bola tiap 6 bulan untuk berikan berikan kesehatan kepada warga Dukuh Sigandul," ujarnya, Jumat (22/2/2019). Dikatakannya, untuk menuju ke Dukuh Sigandul, petugas harus menempuh paling cepat 4 jam perjalanan. "Petugas harus melewati medan yang cukup sulit, lewati Kecamatan Blado untuk sampai ke tujuan," ujarnya.

Tak hanya jemput bola, pihaknya juga menempatkan bidan di Desa Mojotengah. "Hal ini untuk mempermudah komunikasi antara warga dengan petugas puskesmas sekaligus memonitoring warga," ujarnya. Melalui kegiatan posyandu, petugas juga memberikan imunisasi dan vaksin balita yang masih manjadi tanggung jawab dari satuan kerja Puskesmas Batang.

Sementara, Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan, pemerintah berusaha optimal memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk warga. Baik yang di kota maupun pedesaan. Bahkan desa yang berada di titik yang dianggap terpencil, di perbatasan sekalipun.

Ia pun meminta petugas kesehatan puskesmas setempat untuk sigap dan siap melayani masyarakat meski di desa terpencil. "Oleh karena itu, kami harus memaksimalkan puskesmas pembantu yang ada di Desa Mojotengah sehingga masyarakat mendapat pelayanan kesehatan," pungkasnya.

Reaksi:

Baca Juga

Simak

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments