Wisata Baru Batang 2019 Wana Pagerukir Bandar

Salah satu tempat wisata baru di Batang yang saat ini masih dikembangkan yaitu Wisata Pagerukir yang berlokasi di kawasaan hutan pinus yang di mana udaranya masih sangat segar. Wisata Pagerukir akan di kembangkan sebagus mungkin dengan akan dibangunya Wahana Wisata di area situ sehingga akan menjadi Wisata Andalan Kabupaten Batang.

Wisata Pagerukir Photo Ig @anggunslv_

Wisata Pagerukir Photo Ig @wawan_arizki

Wisata Pagerukir Photo Ig @pagerukir

Sekitar tahun 80an, saat itu bendungan Pager Ukir juga sudah banyak dikunjungi oleh para petualang. Medan yang extrem, melalui tebing dengan kemiringan sekitar 75-80°, serta melalui jalur licin yang lebarnya sekitar 50-60 cm dan terdapat jurang sedalam 50an meter disalah satu sisinya serta tebing dengan tinggi ratusan meter di sisi lainnya.

Namun pada tahun 90an terjadi longsor yang memutus jalur satu-satunya menuju lokasi bendungan dan berimbas pada petani di Desa Pesalakan. Puluhan hektare lahan pertanian tidak bisa ditanami karena putusnya saluran irigasi dari bendungan Pager Ukir tersebut. Dengan kejadian longsor tersebut menjadikan pager ukir sepi pengunjung. Hingga setelah saluran irigasi tersebut dibangunpun bendungan Pager Ukir tetap sepi bahkan seperti hilang dari pembicaraan.

Wisata Pagerukir Photo Ig @dausrii_lee

Wisata Pagerukir Photo Ig @choirroeddin

Wisata Pagerukir Photo Ig @qunia_atmjo

Wisata Pagerukir Photo Ig @zona__ze

Lokasi Wisata Pagerukir

Wisata Pagerukir berada di Jl. Pagerukir Maron Barat Desa Pesalakan Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Harga Tiket Masuk

HTM Wisata Pagerukir sangatlah murah meriah hanya Rp 3000 sudah termasuk biaya parkir kendaraan, sangat terjangkau banget kan buat sang pingin Wisata dengan biaya yang sangat terjangkau.

Fasilitas Wisata Pagerukir

  • Hammok
  • Gardu Pandang, 
  • Jembatan Canopy 
  • Bridge
  • Tempat Parkir
  • Kafe
  • Mainan Anak
  • View Hutan Pinus
  • Patung Hewan Dinosaurus Gajah
  • dan akan diupgrade lagi

Cerita Pagerukir Bandar Batang

Pager Ukir adalah sebuah bendungan irigasi yang berada di kawasan hutan pinus di Desa Pesalakan Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Jawa Tengah. Bendungan tersebut dibuat pada zaman Belanda dan mengairi puluhan hektare sawan di Desa Pesalakan, dan berada sekitar 1,5 km dari perumahan warga.

Untuk menjangkau lokasi tersebut harus menuruni jurang sedalam ratusan meter, karena lokasi tersebut berada di sungai/Kali Kupang yang membatasi dua desa dan masuk dalam dua kecamatan. Yaitu Desa Pesalakan yang masuk wilayah Kecamatan Bandar dan Desa Sodong yang masuk wilayah Kecamatan Wonotunggal.

Reaksi:

Baca Juga

Simak

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments