Pasar Kembang Cilik Tradisi Lebaran di Batang

Pasar Kembang Cilik dan Pasar Kembang Gede merupakan salah satu tradisi tahunan Kabupaten Batang berupa hadirnya penjual dan pembeli bunga yang berasal dari penjuru daerah untuk melakukan tradisi jual-beli bunga tersebut menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pasar Kembang ini tentunya berbeda dengan pasar kembang lain karena setiap daerah bahkan kecamatan pun memiliki tradisi sendiri.

Akulturasi budaya yang  tetap lestari hingga sekarang antara tradisi Jawa dan Islam masih terlihat di kehidupan Warga mBatang. di antaranya adalah tradisi Pasar Kembang Cilik dan Pasar Kembang Gedhe yang selalu di tunggu tunggu Warga Batang, Karena dengan adanya Pasar Kembang Cilik berarti Lebaran sudah sangat dekat.

Perbedaan mendasar yang membedakan antara Pasar Kembang Cilik dan Pasar Kembang Gedhe adalah dalam waktu pelaksanaannya. Jika Pasar Kembang Cilik diadakan pada H-2 Hari Raya Idul Fitri, sedangkan Pasar Kembang Gedhe diadakan pada H-1 Hari Raya Idul Fitri. Untuk jenis dagangan yang diperjualbelikan di pasar tersebut adalah jenis kembang atau berbagai bunga seperti mawar, melati, kenanga, dan aneka kembang lain yang biasa digunakan warga untuk "Nyekar" atau berziarah ke makam leluhur.

Dalam hal tempat berjualan bunga, di Pasar Kembang Cilik dan Gedhe ini memiliki keunikan tersendiri. Sejumlah pedagang yang mayoritas adalah perempuan sudah mulai menggelar dagangannya sejak subuh dan berakhir sekitar jam 10 pagi. Mereka berjualan di sepanjang Jalan di Batang seperti di Jalan Re Martadinata Jl Yosudaro Jl Jendral Suderman dan jalan lainya di Kabupaten Batang. Hal ini tak jarang menimbulkan kemacetan, selain penjual Bunga juga ada penjual Ayam,bebek, entok, bingkai ketupat dan berbagai aneka ragam untuk keperluan lebaran.

Tradisi Pasar Kembang sudah berlangsung setiap tahun dan tentunya merupakan pendongkrak perekonomian yang besar menjelang hari raya. Semoga tradisi ini tak lekang oleh waktu dan terus menebar keharuman ke penjuru Kawasan Batang selagi menunggu gemanya kemenangan di Hari Raya Idul Fitri.

mBatang.Com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin, apa bila mBatang.Com pernah melakukan kesalan baik sengaja maupun tidak sengaja mohon di maafkan hehe.

Reaksi:

Baca Juga

Simak

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments