Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Wisata Batang Curug Gombong

Kecamatan Pecalungan ternyata memiliki sebuah potensi wisata alam yang terpendam. Obyek wisata ini adalah sebuah Curug atau biasa disebut Curug Gombong. Diberi nama curug Gombong karena terletak di desa Gombong.



Curug Gombong bukanlah curug terkenal. Curug ini masih tersimpan rapi. Hanya orang tertentu yang butuh ketenangan saja yang biasanya datang ke tempat ini untuk merenungi keagungan alam, dan melepaskan keresahan hidupnya pada batu pualan dan butiran embun yang beterbangan. Orang yang suka berhura-hura biasanya lebih suka ke tempat lain yang ada hubungannya dengan wisata birahi. Mereka lebih mengagumi keindahan semu yang berhubungan dengan hawa nafsu menjadikan peceren seperti durian dan menjadikan bangkai seperti bunga.


Disebut Curug gombong karena terletak di desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang. Kecamatan yang baru lahir beberapa tahun lalu dari hasil persilangan dari kecamatan Bandar, Blado, Reban dan Subah yang membawahi tidak kurang dari 10 desa.. Maka wajarlah jika kecamatan ini belum memiliki rumah sehingga masih berpindah-pindah dalam menjalankan pemerintahannya. Tapi Kecamatan ini boleh merasa bangga karena dengan tidak harus membuat opini di gedung dewan untuk mengalokasikan dana tapi telah memiliki curug alami berketinggian sekitar 12 meter dan terbentuk dari batuan berlapis-lapis yang dapat dijadikan obyek wisata di suatu ketika. Andaikan harus mengalokasikan dana apakah Kabupaten yang kaya raya ini mampu membiayainya?


Gerbang Masuk Curug Gombong Pecalungan Batang


Istirahat Kecapekan dalam Perjalanan ke Curug Gombong


Perjalanan Menuju Curug Gombong


Curug Gombong merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter, walaupun tidak cukup tinggi namun wilayah disekitar curug memiliki pemandangan yang sangat indah. Air terjunnya pun cukup besar karena debit airnya tinggi, jadi walupun musim kemarau, airnya masih deras.


Alur Jalan Menuju Curug Gombong


Namun sangat disayangkan Curug Gombong yang begitu indah ini, kurang begitu mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten Batang. Hal ini bisa dilihat dari sarana dan prasarana yang ada diwilayah sekitar curug. Jalan untuk menuju akses curug sebetulnya sudah dibuat, namun belum selesai sampai wilayah air terjun, jadi perlu perjuangan yang berat untuk sampai di obyek wisata tersebut karena jalannya sangat curam dan licin, terutama pada waktu musim hujan.


Ada sebuah keunikan di Curug Gombong yaitu batuannya. Curug Gombong memiliki batuan yang berlapis-lapis yang bisa dijadikan bahan penelitian ataupun sebagai media pembelajaran dengan metode karya wisata, sehingga pelajar yang datang tidak hanya bias menikmati pemandangan yang indah tapi juga bias belajar berbagai jenis batuan an sedimentasinya Foto Curug Gombong dikirim oleh Lutfi Ramadhan di Grup Facebook Batang Berkembang sebagian Artikel ngambil dari web resmi Kab Batang

Video Curug Gombong Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang