Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Mainan Saat Kecil di Kab Batang

Mainan Saat Kecil di Kab Batang - Masih ingatkah anda tentang lagu in : jamuran.. ndok.e ketog siram mbanu jamur opo den ayu...? yah itu adalah tembang dolanan bocah-bocah jawa dan juga berkembang di Kota Batang. Untuk itu marilah bernostalgia bersama deng yang saya posatingkan ini, yang mana akan saya beri judul : "Dolanan tradisional cah mBatang".


Yeah saya akan menyebutkan sebagian dolanan anak-anak mBatang yang saya kenal dan antara lain adalah:

* SELAWE/DERET(petak umpet): Adalah sebuah permainan yang mana ada anak yang menjaga sebuah tempat yang sudah diberi tanda, lalu anak2 yg lainpun mengumpet dan anak yang jagapun menycari anak2 yng lain jika ketem "door" yg berarti anak yg ngumpet itu harus keluar dr umpetannya. tp jk anak yg jaga sedang tidak ber jaga, maka iapun dapat menyentuh tempat yg bertanda itu sambil berkata" selawe/deret).

* PAT KULI PAT : Adalah sebuah permainan dimana anak2 membentuk sebuah lingkaran dalam posisi ndodok. dan tangan dalam keadaan membuka dan terhubung satu sama lain. lalu mereka pun nembang, yang mana dari setiap nadanya mengikuti geplakan tangan satu sama lain. Yang mana lagunya adalah " Pat kuli pat, kupat siji dadi papat, kupat siji tinggal mberad". Dan jika hentakan tangan dan lagu berhewbti pada seorang anak, maka anak tersebutlah yang masang/"mengkek". Lalu anak anak yang lainpun menyusun strategi untuk anak tersebut agar memilih nama jebakan contoh: setiap anak mempunyai maskot? nama hewan, nama merek, nama warna, dan lainnya contoh: nama buah * Sarkimin; apel
* Dol tembel : kecubung
* Darkonah : ciplu'an
* Parliyah : jambu.


dan yang terakhi adalah nama jebakannya yaitu buah manggis. dan di sini apabila yang masang memilih nama selin nama jebakan misal ia memilih buah kecubung, berarti si Dol Tembel yang akan kena hukuman, tp jika ia memilih buah manggis (buah jebakan), maka ialah yang akan di hukum. Dan yang mana hukumannya adalah di geplak.i sebanyak sesuai perjanjian.

*Dinas adalah permainan yang berkekompok yang mana ada pecahan2 wingko yang ditata, lalu barang grup siapa yang dapat titis dalam melempar bola kearah tatanan wingko tsb. dan morak marik maka grup ini pun yang nantinya akan berusaha menata kembali wingkonya sampai selesai (game over) dan menghindari lemparan bola dari grup lawan yang menyasar untuk setiap anggotanya. dan apabila grup ini terkena lemparan dari grup lawan, maka gruplawanlah yang giliran menata kembali pecahan genteng tersebut, dan sebaliknya.

Mohon ma'af, karena masih banyak lagi permainan yang lain maka dibawah ini akan saya sebutkan nama2 permainan/dolanan yang saya kenal antara lain adalah:

*ROK UMPET / SELAWE / DERET
*LOMPAT TALI / LOMPATAN KARET
*ROK UMPET JAGA BOLA (CE'ONG)
*PATHOK LELE (PATAKAN DUA BATANG TONGKAT KECIL)
*BENTENGAN
*OWAL AWIL (LEMPARAN BATU YG MEMAKAI KAKI)
*BOLA KASTI
*DINAS
*JAMURAN
*CUBLAK-CUBLAK SUWENG
*ROK DERET
*KLUNGSU
*GOBAG SODOR
*BOLA-BEKEL
*LAYANGAN
*ROK-ROKAN
*NEKER/KLERENG
*SEPUR-SEPURAN
*PAT KULI PAT
* ADA RUMAH KOSONG
* SUDA MANDA
* MANTEN-MANTENAN( YANG MANA MANTENNYA ADALAH BONEKA, LALU YANG PUNYA BONEKA / ANAK YANG PUNYA HAJAT PUN MENYIAPKAN JAJAN, LALU ANAK YANG LAINPUN MENYUMBANGKAN UANG (bisa 100/200/300/500 dst.)
*ASU BONTONG
*COMGKLAK
*SEKOLAH-SEKOLAHAN.
Dan lain-lain, dan tentunya setiap daerah mempunyai nama yanag berbeda.
Nb : "JAS MERAH" Lontong kupat lodehe santen, yen kula lepat nyuwun ngapunten.

Trus dolanan JENGKLEK juga yo mbak viana civa jeg kelingan ga
hehe
yen dolanan ada rumah kosong neng kampungku lagu'e bedo, yen ga salah ngene " jiroweng anak kaji ngeweng tuku tebu boleng ora dadi tiyeng cap cip crup " haha dadi kelingan jaman SD ye

ADA RUMAH KOSONG: "ada rumah kosong belum ada isinya, mari kita isi nama lakon-lakonan".
GOTRI: "gotri ala gotri nogosari..i, lewo-lewo-lewo kacang dowo..o, dolan awan-awan ndelok mante..en, mbesok gedhe dadi opo.. dadi kodok.., kodok.e simbok.. ningg njero bathok.."
Artikel Tentang Mainan Saat Kecil di Kab Batang kiriman dari Achmad Dasirin