Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Pemberangkatan MTQ Umum ke Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Alhamdulillah perwakilan dari Kabupaten Batang pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar Tingkat Provinsidi Donohudan mendapat prestasi Harapan I dan Harapan II. Kali ini, kembali diberangkatkan oleh Bupati Batang Wihaji perwakilan MTQ Umum Tingkat Provinsi.  Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Suprapto bertempat di Aula Kantor Bupati Batang, Senin (18/12).


“Sejumlah 20 orang diberangkatkan untuk membawa nama Kabupaten Batang mengikuti MTQ Umum, kami mohon do’anya semoga pemuda – pemudi Batang yang berkiprah di bidang Tilawatil Qur’an ini dapat menjunjung nama baik Batang di tingkat provinsi maupun nasional,” tutur Suprapto.
Suprapto melanjutkan, kita memiliki generasi Islami berpotensi yang beberapa waktu lalu menjuarai hafalan Al Qur’an berbahasa Inggris dan ceramah berbahasa Inggris.

“Harapan kami pihak – pihak terkait memberikan motivasi dengan diselenggarakannya MTQ, agar masyarakat khususnya generasi muda Batang terbiasa membaca Al Qur’an, kemudian memahami arti dan maknanya. Ke depan tidak hanya untuk memperoleh pretasi saja, tetapi supaya SDM Batang memiliki akidah yang kuat dan sesuai dengan dasar agama,” pungkasnya.

Muhammad Akhsin dari Desa Brokoh Kecamatan Wonotunggal yang mengikuti MTQ Umum di  Cabang Tafsir Al Qur’an berbahasa Inggris menerangkan proses penilaian dimulai dari Tahfidz  Al Qur’an dilanjutkan pertanyaan tafsir Al Qur’an dari dewan juri seperti AsbabunNuzul / sebab – sebab yang melatarbelakangi turunnya sebuah ayat, Munasabah / keterkaitan antara satu ayat dengan ayat lainnya dan hubungan ayat Al Qur’an dengan zaman sekarang.

“Kami mempersiapkan diri dengan memperbanyak murojaah / mengulang kembali pelajaran yang telah lalu, memperbanyak rujukan – rujukan dengan kitab yang lain. Sebelumnya menjadi juara I Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan juara harapan tingkat nasional di NTB,” ungkapnya.

Dirinya mengharapkan semoga kali ini bisa lolos ke tingkat nasional dan menjadi juara di tingkat nasional. (Chacha/Mc Batang).