Kabupaten Batang

Batang Berkembang | Wisata Batang | Berita Batang | Kabar mBatang

Jalin silaturahmi dengan Gobak Sodor

Anggota Kodim 0736/Batang ikut andil dalam permainan Tradisonal Gobak Sodor di Alun - alun Batang. Sinergitas antar instansi baik vertikal maupun horizontal dalam memajukan daerah sangat diutamakan,sehingga pemda dalam membangun masyarakatnya baik secara jasmani maupun rokhani akan terwujud.


Momen Haornas tahun 2017 kali ini benar benar dimanfaatkan dan dimaksimalkan oleh Pemkab Batang dengan diadakan lomba tradisional gobak sodor yang diikuti oleh 16 peserta termasuk Kodim 0736/Batang.

Anggota Kodim 0736/Batang pada 15/09 ikut andil bermain Gobak Sodor untuk memeriahkan serangkaian acara peringatan Haornas tersebut dengan harapan silaturrahmi dan komunikasi antar instansi akan terwujud dan terpelihara dengan baik.



Kegiatan Gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia, permainan ini adalah sebuah permainan kelompok dimana masing-masing tim terdiri dari 3 sampai 5 orang.

Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota tim harus secara lengkap melakukan proses bolak balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Permainan ini biasanya dimainkan dilapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9x4 meter yang dibagi menjadi 6 bagian, garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.

Anggota tim yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi menjadi dua, yaitu anggota tim yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Permainan ini sangat mengasikan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan dengan tetap menjaga sportifitas.
(Pendim 0736/Batang)